SEO vs Google Ads, Harus Pilih yang Mana?

SEO vs Google Ads

Bagi digital marketer, pasti sudah tidak asing lagi dengan SEO dan juga Google Ads. Tapi SEO vs Google Ads mana yang lebih baik? Dan mana yang harus didahulukan? Apakah harus keduanya dilakukan? Nah untuk mencari tahu lebih dalam di bawah ini ada ulasan menarik mengenai SEO dan juga Google Ads.

SEO vs Google Ads

Pengertian SEO dan Google Ads

Secara sederhana, SEO dapat diartikan sebagai strategi yang digunakan agar website menduduki peringkat pertama di mesin pencarian. Mesin pencari layaknya Google maupun Bing menyajikan hasil yang paling relevan dengan apa yang dicari oleh pengguna. Nah disinilah SEO bekerja. Dalam proses pengerjaannya, SEO dikerjakan oleh manusia dan tidak dipungut biaya. 

Google Ads sendiri merupakan “wadah” bagi para pengiklan untuk mengiklankan website bisnisnya di Google. Google Ads kerap menjadi andalan bagi banyak orang dikarenakan dampak yang dihasilkan ketika menggunakan Google Ads sangat signifikan, namun tentu saja beriklan di Google Ads tidak gratis. Anda perlu membayar sejumlah uang agar bisa beriklan. Google Ads termasuk media yang paling banyak digunakan dalam SEM Google.

Cara Kerja SEO dan Google Ads

Cara kerja dari SEO sendiri cukup sederhana sebenarnya. Google melalui algoritmanya akan menyortir mana website yang paling layak untuk berada di posisi yang paling atas. Algoritma Google sendiri bisa berubah tiap waktunya.

Sedangkan cara kerja Google Ads sendiri sebenarnya sistemnya hampir mirip, Google akan meminta Anda menyetel iklan Anda mulai dari budget, kata kunci dan lain lain. Nah jika ada seseorang yang mengetikkan kata kunci yang sesuai dengan apa yang kita setel di iklan maka iklan akan muncul.

Biaya yang Dikeluarkan

Seperti yang telah disinggung di atas, jika Anda mengerjakan SEO untuk website Anda sendiri maka harganya bisa gratis namun beda lagi jika Anda menggunakan jasa SEO. Jumlah kata kunci yang muncul di halaman pertama adalah keuntungan terbesar ketika menggunakan SEO karena bisa mendatangkan traffic organik secara gratis.

SEO vs Google Ads

Kecepatan Tayang

Untuk bisa berada di halaman satu, SEO tidak bisa langsung dalam hitungan hari. Perlu ada waktu dan tenaga yang harus Anda korbankan ketika menggunakan teknik yang satu ini. Umumnya orang yang menggunakan teknik SEO membutuhkan waktu 6 bulan – 1 tahun agar sebuah website bisa berada di halaman satu.

Hal ini berbeda dengan teknik Google Ads yang bisa mengusahakan agar website yang Anda miliki bisa berada di halaman satu Google dalam hitungan hari saja namun dengan catatan iklan yang Anda iklankan harus sudah di acc Google dan terbukti tidak menyalahi aturan. Inilah Keuntungan menggunakan Google Ads yang paling banyak dicari.

Lama di Halaman Mesin Pencari

Jika berjalan normal, SEO semakin lama dipelihara akan semakin banyak kata kunci yang berada di halaman satu Google. Jika website yang dikelola tidak ada kendala apapun maka akan bertahan lama apalagi jika dibarengi dengan update rutin.

Google Ads akan muncul jika iklan sudah diaktifkan. Lama iklan ini muncul bisa di setting dan juga tergantung budget yang dimilikinya. Jika budget habis otomatis iklan tidak akan muncul dan website kita juga sudah otomatis tidak diiklankan lagi.

Kepercayaan Pelanggan

SEO vs Google Ads

Umumnya, orang yang membangun website dengan teknik SEO, adalah orang – orang yang ingin membangun kredibilitas yang baik di mata pelanggan. Berada di halaman satu dengan teknik SEO nyatanya bisa meningkatkan kredibilitas dari suatu bisnis.

Jika memanfaatkan Google Ads, meskipun berada di halaman satu namun untuk menjadi pembedanya terdapat tulisan “Ad” atau “Iklan” sehingga kredibilitasnya kurang di mata beberapa pelanggan.

Tujuan Utama SEO dan Google Ads

Jika website yang menggunakan SEO umumnya tujuan utamanya adalah meningkatkan dan membangun traffic untuk jangka panjang sedangkan Google Ads umumnya bertujuan untuk meningkatkan konversi, transaksi dan yang lainnya secara cepat.

Jadi, Mending yang Mana?

Jika bisa, tentu saja dijalankan keduanya. Namun, jika Anda harus memilih salah satu dari kedua hal ini maka Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal. Semisal butuh cepat maka Google Ads bisa menjadi pilihan Anda. Jika Anda ingin untuk jangka panjang maka SEO lah jawabannya. Namun, perlu Anda pertimbangkan juga, jika ingin menggunakan Google Ads maka Anda perlu berbagai strategi. Jika Anda tidak ingin repot, kini ada Jasa Google Ads yang bisa dipakai.

Jadi, sudah jelas bukan? Semuanya tergantung kebutuhan dari Anda masing – masing. Semoga ulasan ini membantu ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *