Apa Itu SEO On Page Dan Off Page? Apa Bedanya?

SEO On Page Dan Off Page

Pertanyaan yang kerap ditanyakan ketika membahas mengenai SEO adalah apa sebenarnya SEO On Page dan Off Page serta apa saja perbedaannya? Nah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai apa maksud dari kedua istilah tersebut. Sebelum membahas lebih lanjut, rasanya tidak ada salahnya untuk membahas sekilas mengenai SEO terlebih dahulu.

Apa Itu SEO?

Search Engine Optimization atau yang kerap disebut dengan SEO merupakan salah satu tindakan upaya untuk mengoptimasi website dengan tujuan agar sebuah website bisa berada di halaman satu mesin pencari. Memangnya mengapa harus berada di halaman satu mesin pencari? 

Hal ini karena ketika berada di halaman satu mesin pencari, orang akan jauh lebih mudah menemukan bisnis kita dan berpeluang besar untuk memperoleh banyak traffic. Selain berfungsi untuk mendatangkan traffic organik ke website, fungsi lainnya adalah membantu mendapatkan traffic yang tepat untuk website Anda.

Setelah mengetahui sekilas mengenai pengertian SEO, mari berkenalan lebih dalam mengenai sebenarnya apa sih SEO On Page dan Off Page  yang sering dibincangkan orang – orang.

SEO On Page Dan Off Page

Pengertian SEO On Page

SEO On Page dapat diartikan sebagai teknik optimasi konten pada suatu halaman website dengan tujuan agar bisa berada di halaman satu mesin pencari serta mudah untuk dicari oleh para pengguna mesin pencari. 

Pada dasarnya, SEO On Page lebih berfokus pada cara membuat konten dan bagaimana cara Anda untuk memposting agar terlihat SEO-Friendly. Hal ini tentu saja bertujuan untuk mengalahkan kompetitor dari website yang Anda miliki.

Pengertian SEO Off Page

Kebalikan dari sebelumnya, jenis SEO Off Page seperti namanya adalah upaya untuk bisa “menaikkan” website agar bisa berada di halaman pertama yang dilakukan di luar website. Cara optimasi Off Page biasanya dilakukan melalui cara link building, backlink, dan lain sebagainya.

Meskipun sama – sama bermanfaat untuk menaikkan rangking website namun ada manfaat lain ketika menggunakan kedua jenis SEO ini. Apa saja? Ini dia!

Manfaat SEO On Page

Ada banyak sekali manfaat yang bisa diambil ketika kita menerapkan On Page pada website yang kita miliki. Apa sajakah itu? Beberapa manfaatnya adalah pemasaran yang mudah dan kuat, menghemat waktu pengerjaan, memperbagus UX, memperbanyak sumber lalu lintas organik, mempermudah proses remarketing, bisa meningkatkan brand awareness, meningkatkan kecepatan website, tampilan website yang bagus, dan masih banyak lagi.

Manfaat SEO Off Page

Ada beberapa manfaat yang dihasilkan ketika menerapkan Off Page. Manfaat – manfaat tersebut beberapa diantaranya adalah website mampu dikenal banyak orang, mampu meningkatkan page rank, serta mampu meningkatkan SERP.

Komponen SEO On Page 

SEO On Page Dan Off Page

Heading

Komponen utama dari SEO On Page yang pertama adalah heading. Satu konten umumnya terbagi atas H1 (judul 1), H2 (judul 2), H3 (judul 3), dan seterusnya. Namun sebaiknya di dalam satu konten hanya terdiri dari satu H1 saja sementara heading yang lain menyesuaikan.

Struktur URL

Jika website dianalogikan sebuah rumah, maka URL dianalogikan sebagai alamat. Sebaiknya, URL mengandung kata kunci sesuai dengan konten yang diupload. Alasannya agar Google lebih mudah untuk mengenali konten kita.

Alt Text Gambar

Menambahkan alternatif text ke semua gambar yang diupload di suatu halaman wajib hukumnya. Masukkan kata kunci yang relevan dengan gambar yang diupload beserta kontennya. Anda juga bisa menambah deskripsi untuk gambar tersebut, namun jangan terlalu banyak juga ya.

Kecepatan Website

Jika page speed website Anda optimal, maka sebuah situs berpeluang lebih banyak untuk menduduki peringkat atas di halaman pencarian. Google sendiri menyediakan tools untuk mengecek kecepatan website di developers Google.

Banyaknya Jumlah Kata

Meskipun tidak ada aturan yang jelas terkait berapa jumlah katanya, namun usahakan konten di setiap halaman minimal berjumlah 500 kata dengan penyebaran kata kunci yang sesuai dan tidak spam.

Internal Link

Komponen terakhir dari SEO On Page adalah internal link. Internal link sendiri adalah link yang ditautkan pada konten secara internal dengan halaman yang lain di situs Anda. Hal ini mampu meningkatkan peringkat website di mesin pencari.

Komponen SEO Off Page

SEO On Page Dan Off Page

Backlink

Tautan yang mengarah pada situs Anda sering disebut sebagai backlink. Kuantitas tidak sepenuhnya berarti di dalam backlink ini. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan kualitas backlink sangat menentukan agar bisa berada di halaman satu.

Domain Authority

DA memiliki arti sebagai metrik buatan beberapa third party yang menjadi acuan seberapa besar sebuah situs mampu dipercaya berdasarkan rekomendasi – rekomendasi dari mesin pencari. Domain Authority sangat berpengaruh pada kredibilitas sebuah website.

Promosi Sosial Media

Komponen lain dari SEO Off Page adalah melakukan promosi di sosial media. Mempromosikan ke sosial media mampu meningkatkan traffic, peringkat serta kredibilitas dari suatu situs.

Lantas, Manakah yang Lebih Penting?

SEO On Page dan SEO Off Page keduanya memiliki peranan yang penting. Namun, sebelum melakukan SEO Off Page, Anda harus membetulkan SEO On Page terlebih dahulu. Keduanya memang hasilnya tidak instan. Perlu waktu dan tenaga yang perlu dikeluarkan. Jika Anda ingin hasil yang instan, maka Anda bisa memanfaatkan SEM Google. Google Ads sebagai salah satu platform SEM Google, memiliki banyak sekali keuntungan menggunakan Google Ads.

Demikian ulasan ini dibuat, semoga bisa bermanfaat ya. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.