Apa Itu SEM Google? Apa Manfaatnya? dan Bagaimana Cara Kerjanya?

SEM Google

Bagi seorang digital marketer, pasti sudah tidak asing lagi dengan SEM Google. Banyak orang lebih memilih strategi ini untuk bisa berhasil di halaman satu Google. Keberadaannya yang cukup penting membuat Anda harus paham seluk beluk dari SEM ini. Dan jangan sampai tertukar dengan SEO atau Search Engine Optimization. Nah untuk mendalami lagi mengenai SEM. Berikut ini kami berikan penjelasannya.

Apa itu SEM?

SEM atau singkatan dari Search Engine Marketing merupakan bentuk pemasaran melalui internet yang mengandalkan iklan berbayar agar sebuah website bisa muncul di mesin pencari atau Search Engine Google.

Meskipun kerap dianggap sama dengan SEO. SEM tidak sama dengan SEO, karena SEM mengandalkan iklan berbayar yang pastinya mengharuskan kita untuk membayar sejumlah uang ke penyedia iklan sedangkan SEO gratis tidak dipungut biaya. 

Setelah mengetahui secara sederhana apa itu SEM, mari kita sama sama cari tahu mengenai apa saja manfaat yang bisa diberikan ketika menggunakan SEM Google ini. 

Manfaat SEM Google

SEM Google

Tidak Perlu Biaya yang Banyak

Seperti yang telah disinggung di atas, saat Anda menggunakan layanan ini, Anda perlu membayar sejumlah uang. Tapi tenang saja, uang yang diperlukan tidak harus sebanyak itu kok. Anda bisa mencoba dengan biaya yang minim terlebih dahulu. Anda memegang kendali penuh terkait uang yang Anda keluarkan.

Biaya kampanye melalui SEM bahkan dinilai lebih murah dari pada biaya beriklan menggunakan cara – cara yang konvensional. Seperti halnya menyebar brosur, pemasangan billboard, dan yang lainnya.

Mudah dalam Menentukan Audiens

Anda bisa dengan mudah menentukan target audiens Anda secara spesifik. Bahkan ketika menggunakan platform Google Ads, Anda bisa menyeting audiens mulai dari lokasi, usia, gender, bahkan jadwal. Keuntungan Menggunakan Google Ads memang sangat banyak, salah satunya kemudahan untuk menargetkan audiens Anda. Nah jika sudah di target seperti ini maka sudah tepat sasaran bukan? Jika sudah seperti ini pasti kemungkinan besar efektif.

Hasilnya Lebih Cepat dari SEO

Hasil ketika menggunakan metode SEM jauh lebih cepat dari pada Anda menggunakan metode SEO. Ya, hal ini karena dengan metode SEM kita meminta bantuan dari pihak lain yakni pihak pengiklan (contoh Google Ads) agar website Anda berada di halaman satu. Tak hanya itu saja, Anda juga bebas untuk menentukan berapa lama waktu penayangan dari website yang akan diiklankan.

Berbeda dengan SEM, saat menggunakan teknik SEO ada waktu dan tenaga yang harus dikorbankan agar sebuah website bisa berada di halaman satu. Umumnya waktu ini tidak bisa secepat ketika menggunakan teknik SEM.

Mampu Meningkatkan Brand Awareness

Menurut riset milik Google, iklan di search engine mampu meningkatkan brand awareness sebanyak 80%. Tentu saja presentasi ini jumlahnya cukup besar. Bahkan ketika iklan Anda tidak di klik pun iklan masih mampu meningkatkan brand awareness serta audiens tetap masih bisa membaca brand, nama produk, serta deskripsi produk Anda.

Berpotensi untuk Meningkatkan Conversion Rate

Manfaat yang paling banyak dicari dari menggunakan SEM adalah meningkatkan conversion rate di website dengan cara membidik kata kunci yang telah disetting sebelumnya. 

Pihak penyedia Iklan akan mengusahakan agar website berada di halaman satu. Lalu apa manfaatnya ketika suatu website berada di halaman satu? Posisi iklan di hasil pencarian akan mempengaruhi CTR atau sering disebut juga dengan click through rate atau jika diartikan adalah  seberapa banyak orang yang mengklik iklan tersebut. 

Ketika website banyak di klik, kemungkinan besar tertarik dan mereka akan menuju landing page Anda dan melakukan pembelian sehingga conversion rate bisa meningkat.

Jika sudah mengetahui manfaatnya, bagaimana dengan cara kerja dari SEM ini? Yuk simak di bawah ini bagaimana cara kerja dari SEM agar makin paham mengenai Search Engine Marketing.

Cara Kerja Search Engine Marketing

SEM Google

Search Engine menerapkan algoritma yang cukup rumit untuk sebuah website berada di halaman pertama. Dengan bantuan SEM, sebuah website bisa dengan mudah berada di halaman satu. Untuk mengadopsi hal tersebut, ada beberapa cara yang dapat dilakukan seperti :

  1. Melakukan registrasi di layanan search engine marketing
  2. Menentukan bagaimana detail iklan mulai dari kata kunci, lokasi, bahasa dan yang lainnya
  3. Mesin pencari akan melakukan pelelangan antar pengiklan dengan keyword yang sama
  4. Mesin pencari akan menampilkan pemenang dari pelelangan tadi agar muncul di penelusuran
  5. Anda akan melaporkan kinerja iklan dan selanjutnya akan membayar sejumlah klik yang didapatkan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, SEM sangat bergantung pada kata kunci yang relevan. Sebelum menentukan kata kunci, ada baiknya untuk melakukan riset terlebih dahulu. Saat meriset kata kunci, Anda bisa menggunakan bantuan tools seperti ubersuggest, keywordtool.io, dan yang lainnya.

Nah itulah pembahasan mengenai SEM Google. Semoga dengan adanya pembahasan ini bisa sedikit membantu Anda ya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.