Cara Menulis Iklan Google Ads

Cara Menulis Iklan Google Ads

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh pelaku bisnis online untuk menjangkau target penjualan yang lebih luas. Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan jumlah penjualan bisnis online yaitu dengan pasang iklan di Google atau Google Ads. Berikut tips atau cara menulis iklan di Google Ads agar bisnis anda semakin berkembang.

Seperti yang sudah banyak diketahui, saat ini Google sudah menjadi mesin pencari terbesar di dunia dengan persentase lebih dari 90 persen akses dari penduduk dunia. Sementara, dari Indonesia, 98% pengguna internet warga Indonesia menggunakan Google sebagai search engine mereka. Google sudah masyarakat kenal dengan skala besar, maka tidak di ragukan lagi Google dapat menjadi peluang untuk melebarkan bisnis anda.

Melalui salah satu fitur Google, yaitu Google Ads, anda bisa membuat iklan dan memasarkan produk atau layanan kepada masyarakat luas. Saat pelanggan menelusuri kata kunci yang relevan pada Google, maka bisnis anda akan muncul di halaman Google. Jika dilakukan dengan tepat, cara beriklan ini tentu akan memberikan keuntungan yang sangat besar pada bisnis anda. Untuk itu anda harus menggunakan cara yang tepat untuk membuat iklan di Google Ads.

Apa itu Google Ads?

Google Ads adalah layanan iklan berbayar yang ditawarkan oleh Google. Pada awalnya, layanan ini bernama Google Adwords. Namun sejak 24 Juli 2018 Google merubah nama layanan Google Adwords menjadi Google Ads.

Cara kerja layanan iklan pada Google Ads pada dasarnya sama dengan pencarian organik yang dilakukan pada halaman Google. Jadi, saat pengguna user mencari informasi dengan memasukkan kata kunci tertentu, Google akan menampilkan hasil yang relevan dengan kata kunci tersebut, termasuk website yang di iklankan menggunakan layanan Google Ads. Google akan menampilkan URL website yang di iklankan pada posisi paling atas pada halaman Google. Untuk membedakan dengan hasil pencarian organik, anda dapat melihat tulisan  “Ad” yang di cetak tebal di sebelah URL website.

Pada Google Ads terdapat beberapa jenis kampanye untuk membantu anda mencapai tujuan atau goal dari pemasangan iklan agar promosi digital anda sukses besar. Jenis kampanye Google Ads yaitu Search Campaign (Search Network), Display Campaign (Display Network), Shopping Campaign, Video Campaign, App Campaign (Google Play).

Cara Menulis Iklan di Google Ads

Cara Menulis Iklan Google Ads

Selain mengetahui cara menggunakan Google Ads, anda juga harus tahu bagaimana cara menulis iklan yang menarik di Google Ads agar dapat meningkatkan penjualan anda. Selain platform tersebut hanya menyediakan jumlah karakter yang terbatas, baik saat ingin beriklan ataupun pada tampilan iklan itu nantinya. Calon pembeli akan sangat bergantung pada iklan yang anda buat. Buatlah iklan semenarik mungkin, sehingga orang akan melirik untuk mengunjungi website atau toko online anda dan melakukan pembelian atau layanan anda.

Berikut cara yang tepat untuk menulis iklan di Google Ads.

Buat Judul Iklan yang Menarik

Judul merupakan faktor penentu utama untuk menarik audiens. Biasanya pembaca akan melihat judul terlebih dahulu daripada isi konten. Jika judul menarik, mereka akan membaca keseluruhan isi konten. Jika tidak, mungkin mereka tidak akan membacanya, walaupun mungkin isinya menarik. Jadi judul bisa di katakan ujung tombak  untuk mencapai goal. Maka buatlah judul semenarik mungkin agar orang melirik website anda.

Gunakan Keyword yang Tepat

Google akan menampilkan iklan sesuai kata kunci yang pengguna ketikkan. Anda harus menggunakan kata kunci yang sering di gunakan yang mencakup bisnis anda. Untuk mengetahui kata kunci yang tepat, anda perlu melakukan riset keyword. Anda dapat menggunakan bantuan Google Trend untuk mengetahui hal-hal apa yang sedang di minati.

Dengan mengetahui minat pasaran,  anda dapat menggunakan keyword yang sesuai sehingga iklan anda akan mudah dan cepat di lihat oleh pelanggan.

Optimalkan Landing Page Iklan Anda

Pertama sesuaikan iklan dengan landing page pada setiap kampanye promosi agar pengunjung tidak kecewa. Selain itu optimasi landing page sangat di perlukan karena halaman tersebut akan menjadi halaman yang di kunjungi oleh target setelah mengklik iklan. Upayakan landing page harus mampu memberikan informasi yang menarik dan mudah audiens pahami.  Buatlah desain sederhana tapi menarik untuk menonjolkan pesan pemasaran utama yang ingin Anda sampaikan. Selain itu jangan lupa untuk menambahkan tombol CTA (Call to Action) yang menonjol, menarik dan jelas untuk mengarahkan pengunjung ke proses pembelian, pendaftaran atau yang lainnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.