Cara untuk Membuat CTA pada Website

Cara untuk Membuat CTA pada Website

Sering melihat kalimat “Klik Disini” atau “Belanja Sekarang” pada suatu website atau sosial media? Kalau pernah berarti sudah tidak asing dengan yang namanya CTA atau call to action. CTA saat ini kerap kali menjadi salah satu strategi yang banyak digunakan untuk mempermudah pelanggan dalam melakukan transaksi ataupun menarik traffic atau pengunjung pada suatu website.

Mengenal CTA (Call to Action)

Call to Action (CTA) adalah sebuah teknik pemasaran yang bertujuan untuk menginspirasi dan memotivasi pelanggan untuk melakukan tindakan tertentu. Teknik ini dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan, meningkatkan brand awareness, atau meningkatkan tingkat interaksi dengan pelanggan. Teknik ini biasanya menggunakan kata-kata yang persuasif, contohnya “Beli Sekarang” dan “Dapatkan Gratis”. Call to Action dapat digunakan dalam iklan, tulisan, atau promosi lainnya untuk meningkatkan tingkat respons dari pelanggan.

CTA digunakan oleh berbagai bisnis online untuk memotivasi pelanggan mereka untuk mengambil tindakan yang diinginkan (seperti berlangganan, membeli, atau mendaftar). Call to action (CTA) merupakan salah satu faktor penting yang bisa membantu bisnis mencapai tujuan tertentu dengan meningkatkan respons dan interaksi. Ini merupakan bagian penting dari strategi pemasaran online, karena dapat membantu meningkatkan konversi dan memastikan bahwa lalu lintas di situs web berubah menjadi tindakan yang menghasilkan pendapatan. CTA lengkap dapat dipahami sebagai bentuk aksi yang diarahkan oleh bisnis kepada pelanggannya untuk mengambil tindakan tertentu. Ini bisa berupa teks, gambar, atau bahkan tombol yang membuat orang merasa terdorong untuk berbuat sesuatu yang diinginkan. Contoh CTA yang biasa digunakan: try it action, get it today, act fast, don’t miss out, buy now, join us, sign up, learn more, click here, learn more, clik here, try it free, get started, register today.

Manfaat CTA

Manfaat utama dari CTA adalah untuk membantu meningkatkan tingkat konversi dan meningkatkan jumlah penjualan. CTA dapat membantu meningkatkan tingkat lalu lintas ke website Anda, meningkatkan jumlah orang yang mengikuti Anda di media sosial, dan meningkatkan kesadaran merek. CTA juga dapat membantu para pemasar untuk mengetahui apa yang disukai pengguna dan meningkatkan relevansi dari pesan mereka.

CTA pada website dibuat untuk mempromosikan produk dan layanan melalui iklan yang terpampang di berbagai situs web. Ini umumnya digunakan untuk membuat prospek yang tertarik untuk mengklik iklan dan mengunjungi situs web yang diiklankan. Website CTA juga dapat mencakup berbagai macam fitur, seperti formulir pendaftaran, penggalangan dana, dan banyak lagi. Website CTA yang baik dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan keuntungan.

Membuat CTA pada website juga dapat membantu meningkatkan konversi dan meningkatkan brand awareness. Ini termasuk menggunakan iklan, membuat tautan ke situs web, dan mempromosikan produk dan layanan melalui berbagai media sosial. CTA dapat juga digunakan untuk membantu meningkatkan ranking di mesin pencari seperti Google dan Yahoo. Dengan demikian, website dapat menjadi lebih mudah ditemukan oleh prospek potensial.

Manfaat CTA pada website juga termasuk meningkatkan jumlah pelanggan yang tertarik dengan produk dan layanan yang ditawarkan. Ini juga dapat membantu meningkatkan omset perusahaan dan meningkatkan brand awareness. Dengan demikian, dapat membantu perusahaan untuk bersaing dan meningkatkan jumlah pelanggan.

Berikut cara membuat CTA pada website

Cara untuk Membuat CTA pada Website

Buatlah CTA yang jelas dan singkat 

CTA harus menjadi inti dari pesan iklan Anda, sehingga penting untuk memastikan bahwa CTA Anda jelas dan singkat. Pastikan untuk menuliskan CTA dengan bahasa yang jelas dan menarik, yang akan menyebabkan pembaca mengklik tautan atau melakukan tindakan yang diinginkan. 

CTA harus dengan cepat menarik perhatian pembaca dan menyampaikan pesan utama yang akan menjadi pendorong bagi mereka untuk mengambil tindakan yang diinginkan. Dengan menyederhanakan pesan Anda dan menyimpannya pada satu atau dua kalimat, Anda bisa menangkap perhatian pembaca dan meningkatkan tindakan yang diambil. Singkat dan jelas juga merupakan cara terbaik untuk memastikan bahwa pesan Anda disampaikan dengan benar.

Gunakan warna dan font yang menonjol

CTA harus menggunakan warna dan font yang menonjol untuk menarik perhatian pengunjung. Dengan font yang besar dan menonjol, akan membuat CTA lebih mudah dibaca dan dipahami. Warna yang dipilih harus mencolok dan berbeda dari latar belakang, sehingga dapat menarik mata pengunjung ke CTA. Dengan lebih banyak orang yang melihat CTA, maka akan semakin banyak orang yang mau mengambil tindakan yang diminta oleh CTA.

Buat kata-kata yang mengundang

Kata-kata yang mengundang seperti “gratis”, “cari tahu lebih lanjut”, “dapatkan”, dan “pelajari sekarang” dapat menjadi kata yang efektif untuk menarik perhatian pembaca dan mendorong mereka untuk bertindak. 

Kata-kata yang mengundang ini dapat membantu membangun keyakinan dan kepercayaan dengan audiens, meningkatkan tingkat interaksi, dan memotivasi orang untuk bertindak. Dengan menggunakan kata-kata yang mengundang, CTA dapat menarik orang untuk mengambil tindakan yang diinginkan. Ini dapat membantu meningkatkan konversi dan menciptakan lebih banyak peluang untuk mencapai tujuan

Gunakan tautan yang jelas

Pastikan untuk memasukkan tautan yang jelas ke halaman tujuan Anda. Jangan membuat pembaca menebak tujuan tautan Anda. CTA harus menggunakan tautan untuk memungkinkan orang untuk mengakses lebih mudah dan cepat ke halaman yang diinginkan.

Dengan menggunakan tautan, orang dapat dengan cepat mengakses halaman yang relevan dengan CTA dan meningkatkan tingkat interaksi dengan mereka. Tautan juga memudahkan orang untuk berbagi informasi dengan orang lain melalui media sosial atau email. Ini berarti Anda akan mendapatkan lebih banyak lalu lintas untuk situs Anda dan mempromosikan produk atau layanan Anda dengan lebih baik.

Buat CTA yang berbeda untuk berbagai platform

CTA yang berbeda mungkin diperlukan untuk platform media sosial yang berbeda. Misalnya, Anda mungkin ingin menggunakan CTA yang berbeda untuk posting di Twitter dibandingkan di Facebook.

CTA yang berbeda dapat membantu Anda mengoptimalkan kinerja Anda di berbagai platform. Hal ini karena setiap platform memiliki audiens yang berbeda yang dapat mempengaruhi tingkat respons dan tingkat konversi. Dengan membuat CTA yang berbeda untuk berbagai platform, Anda dapat menyesuaikan mereka untuk menarik audiens tertentu. Ini juga memungkinkan Anda untuk mengukur respons dan menyesuaikan strategi Anda untuk memaksimalkan hasil akhir.

Test CTA Anda

Test CTA (Call To Action) adalah cara yang efektif untuk mengukur kinerja dan memahami apa yang paling bermanfaat bagi audiens Anda. Ini membantu Anda melacak konversi dan memahami apa yang berfungsi dengan baik dan apa yang tidak. 

Dengan menguji CTA Anda, Anda bisa meningkatkan tingkat konversi, loyalitas pelanggan dan meningkatkan penjualan Anda. Dengan tes ini, Anda akan mengetahui bagaimana audiens Anda bereaksi pada berbagai CTA dan memilih yang paling sesuai untuk audiens Anda.

Anda harus selalu menguji CTA Anda untuk melihat apakah mereka bekerja dengan baik. Anda dapat melakukan test A/B untuk melihat CTA mana yang memiliki hasil yang terbaik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.