Kenali Macam – Macam Plugin SEO Website

Pemilik website terutama yang membuatnya dengan CMS (Content Management System) berupa WordPress pasti sudah tahu sedikit banyak mengenai plugin. Ya, plugin SEO Website jika tahu manfaatnya dengan benar bisa sangat bermanfaat untuk membuat website berada di halaman pertama dengan cepat dan mudah.

Plugin sendiri dapat diartikan sebagai sebuah kode software dengan banyak fungsi (memiliki fungsi yang berbeda – beda) yang memungkinkan aplikasi atau program untuk menjalankan fungsi tambahan tersebut. Plugin sendiri memiliki nama yang berbeda – beda. Ada yang menyebutnya dengan Add-On, ekstension atau dengan kata plugin itu sendiri. Beberapa plugin ini sangat perlu untuk optimasi SEO website Anda. Umumnya, Jasa SEO juga menggunakan plugin di bawah untuk keperluan optimasi. Manfaat SEO adalah untuk membuatnya berada di halaman satu Google. Sebenarnya, bisa saja menggunakan Iklan Google Ads. Namun, iklan Google tidak cocok jika untuk promosi jangka panjang.

Pada website yang dibuat dengan WordPress, ada beberapa plugin SEO yang bisa digunakan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Plugin Untuk SEO Website (WordPress)

Yoast

Plugin Yoast

Plugin yang satu ini merupakan plugin yang namanya sudah cukup populer entah itu bagi pemilik website lawas atau bagi pemilik website baru. Yoast digadang gadang menjadi salah satu plugin terbaik yang paling banyak diminati oleh orang – orang yang dibuktikan dengan banyaknya pengguna plugin yang satu ini. 

Dengan menggunakan plugin yang satu ini, Anda sangat memungkinkan untuk menganalisis keterbacaan, SEO On Page, menambah page title, meta description dan yang lainnya. Ini tentu saja mempermudah Anda untuk mengoptimasikan website. Umumnya juga, Yoast memberikan saran apa yang harus diperbaiki sehingga kita tidak perlu repot mencari dimana letak kesalahannya. 

Yoast memiliki versi gratis dan versi premiumnya. Untuk versi gratis Anda sudah bisa menikmati layanan seperti di atas. Jika Anda menggunakan versi premiumnya, Anda akan mendapatkan layanan tambahan seperti saran internal link, insight konten serta layanan customer 24/7.

All In SEO Pack

Plugin All in SEO Pack

Seperti namanya, plugin yang satu ini digadang gadang sudah memuat semua yang dibutuhkan untuk mengoptimasi website sehingga bisa berada di halaman pertama Google. Plugin ini sudah dipakai lebih dari 3 juta pengguna Google dan memiliki rating 4.5. Ada banyak fitur yang ditawarkan oleh plugin yang satu ini namun secara garis besar plugin ini akan membuat website Anda lebih SEO Friendly. Plugin ini masih tergolong mudah untuk digunakan bagi pengguna, namun umumnya perlu waktu bagi pengguna plugin ini untuk memahami interface plugin yang satu ini. 

Google XML Sitemaps

Google XML Sitemaps Plugin

Lalu plugin yang selanjutnya ada Google XML Sitemaps. Plugin ini berguna untuk membantu search engine Google maupun Bing untuk mengetahui dan mengcrawl lebih cepat website yang Anda sedang optimasi. Selain itu, dengan menggunakan plugin yang satu ini, Google XML Sitemaps akan memberitahu Google jika kita melakukan update baik itu page ataupun post pada website tersebut. 

Plugin yang satu ini juga bisa Anda nikmati secara gratis. Namun, sebagai catatan! Ketika Anda sudah membuat sitemaps di Yoast ataupun All In SEO Pack, sebaiknya tidak menggunakan plugin yang satu ini agar menghindari hal – hal yang kurang mengenakkan.

The SEO Framework

Plugin The SEO Framework

Plugin SEO Website yang satu ini bisa Anda gunakan secara gratis tanpa harus melakukan update layanan agar bisa menikmati fitur tambahan. Plugin ini akan membantu Anda dalam membuat judul, deskripsi, URL, serta beberapa hal yang lainnya. Cara untuk menggunakannya juga cukup tergolong mudah sehingga pengguna tidak perlu “belajar” lebih dalam untuk mempelajari plugin yang satu ini.

WP Super Cache

Plugin WP Super Cache

Plugin WordPress yang satu ini berguna untuk membuat file html yang statis untuk website WordPress Anda. Dengan adanya plugin ini, kecepatan website juga akan meningkat. Semakin meningkatnya kecepatan sebuah website tentu saja sangat bagus untuk SEO. Google jauh lebih akan merekomendasikan website dengan kecepatan yang cepat untuk bisa berada di halaman pertama Google. 

SEO Squirrly

SEO Squrrly Plugin

Tampilan yang dimiliki oleh plugin ini sangat mudah sekali untuk dipahami karena beberapa orang menyebutkan SEO Squirrly merupakan plugin yang memang didesain untuk orang yang belum expert. Plugin ini digunakan untuk mendampingi plugin SEO yang lainnya. Plugin yang satu ini akan bekerja secara real time. Artinya, rekomendasi akan muncul saat itu juga saat Anda sedang menulis konten. 

Broken Link Checker

Broken Link Checker - Plugin

Plugin SEO ini akan membantu Anda untuk memantau link pada website Anda. Jadi, jika terdapat link yang rusak atau tidak berfungsi Anda bisa mengetahuinya segera dan segera juga untuk mengatasinya. Dengan adanya plugin ini, Anda tidak perlu melakukan perbaikan postingan secara manual.

W3 Total Cache

Plugin SEO WP Super Cache

Hampir sama seperti WP Super Cache, W3 Total Cache juga merupakan plugin WordPress yang memiliki fungsi utama untuk membuat website bisa loading lebih cepat. Dengan menggunakan plugin ini pula, Anda bisa meningkatkan user experience pengunjung situs Anda. Kenali juga kenapa website loading lama.

Redirection

Redirections - Plugin WordPress

Plugin yang selanjutnya ada redirection. Plugin yang satu ini memungkinkan Anda untuk mengatur redirect sebuah URL yang ada pada WordPress. Dengan menggunakan plugin ini pula Anda bisa memantau error 404. Plugin ini akan sangat membantu jika Anda melakukan migrasi website sehingga menimbulkan perubahan pada direktori instalasi WordPress.

All In One Schema.org Rich Snippets

Plugin Schema

Plugin All In One Schema.org Rich Snippets memungkinkan Anda untuk membuat ringkasan mengenai halaman website di hasil pencarian search engine. Dengan plugin ini, Google memungkinkan untuk menampilkan beberapa hal penting seperti gambar, harga, penulis, rating dan yang lainnya. Dengan menggunakan plugin ini, laman Anda bisa terlihat stand out di hasil pencarian.

Google Analytics by MonsterInsight

Plugin Google Analytics

Lalu yang selanjutnya Anda bisa menggunakan plugin Google Analytics by MonsterInsight. Dengan menggunakan plugin ini, Anda memungkinkan untuk menganalisa website Anda melalui Google Analytics langsung dari dashboard WordPress Anda tanpa harus log in terlebih dahulu ke akun Google Analytics Anda.

Kesimpulan

Plugin SEO WordPress ada banyak sekali. Selain yang telah ada di atas, di luaran sana ada banyak sekali plugin yang bisa Anda gunakan. Namun, selektiflah dalam menggunakan plugin WordPress. Jangan memasang dua plugin WordPress dengan fungsi yang sama agar tidak terjadi masalah ke depannya. Semoga artikel ini bisa membantu Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *