Duh, Kenapa Website Loading Lama?

Kenapa Website Loading Lama

Saat sedang asik – asik browsing, rasanya menyebalkan ketika menemukan website yang loadingnya lama. Begitulah kira – kira yang dirasakan pengguna Google ketika menemukan website yang loadingnya lama. Apakah Anda sedang mengalami masalah ini? Wah, pastinya Anda harus tahu kenapa website loading lama alias penyebabnya agar bisa segera dicari solusinya.

Website yang lemot atau loading lama merupakan salah satu masalah yang sangat mengganggu dan sialnya sering terjadi. Padahal, Google sendiri memasukkan page speed suatu situs ke komponen penting SEO. Untuk mengetahui berapa kecepatan loading website, Anda bisa menggunakan tools Developers Google atau bisa juga menggunakan GTMetrix.

Nah, di bawah ini terdapat penyebab website loading lama yang sering dialami oleh para pemilik website. Simak ulasan selengkapnya ya!

Penyebab Website Loading Lama

Kenapa Website Loading Lama

Performa Server yang Kurang

Server berfungsi untuk menyimpan semua data – data dari sebuah website sekaligus berguna untuk melayani permintaan data dari pengunjung website yang sedang mengakses website tersebut. Ada dua hal yang membuat performa server jadi kurang yakni jenis server apa yang digunakan dan dimana lokasi server tersebut.

Gambar yang Tidak Teroptimasi

Melampirkan gambar di postingan situs memang mempermudah pengunjung website Anda untuk mencerna apa sebenarnya isi yang akan Anda sampaikan. Sehingga mengharuskan Anda untuk menggunakan gambar yang berkualitas namun, hal ini bisa menjadi masalah jika tidak teroptimasi.

Tidak Mengukur Skala Gambar

Tak berbeda jauh dengan masalah nomor dua tadi, mengukur skala gambar juga perlu untuk membuat website Anda bisa loading lebih cepat. Misalkan saja format website Anda berukuran 500 px x 500 px jika Anda menggunakan skala gambar 1080 px x 1080 px tentu saja membuat beban kerja dari website bertambah dan loadingnya jadi lama.

Salah Konfigurasi

Mensetting konfigurasi memang penting. Mensetting konfigurasi juga nyatanya mampu untuk meningkatkan performa. Namun, hal ini bisa berubah jadi bencana jika Anda salah untuk dalam memodifikasi website Anda. Bahkan, umumnya bisa juga menjadikan website tidak bisa diakses.

Menggunakan WordPress Versi Lama

WordPress adalah salah satu jenis CMS atau Content Management System yang paling banyak digunakan untuk membuat website karena kemudahan yang ditawarkannya. Menggunakan WordPress versi lama nyatanya bisa berimbas buruk karena melewatkan beberapa hal yang memungkinkan bisa membuat website Anda jadiĀ  lebih cepat.

Tidak Me-minify JSS Script

Kenapa Website Loading Lama

Jika tidak memahami coding, setidaknya Anda harus tahu 3 jenis kode yang digunakan dalam membangun sebuah website yakni JSS, CSS, dan HTLM. Salah satu jenis kode yang sering digunakan yakni JSS atau JavaScript Style Sheet yang memiliki manfaat untuk mengaktifkan fungsi dari HTML dan desain layout dari CSS. Jika Anda tidak menyederhanakan kode JSS Script maka bisa berdampak buruk pada kecepatan website Anda.

Tidak Didukung CDN

CDN atau Content Delivery Network bisa mengusahakan website loading lebih cepat namun umumnya belum banyak pemilik website yang menggunakannya. CDN merupakan server global yang tersebar di berbagai negara. Dengan menggunakan CDN, setiap permintaan akan dilayani oleh server terdekat.

Kapasitas Space Hardisk yang Penuh

Selain prosesor dan RAM yang Anda miliki, Anda juga harus memperhatikan space hardisk untuk menyimpan data – data website Anda. Space web hosting yang aman adalah sekitar 30% – 40%. Space hardisk yang ada di web hosting yang penuh tentu saja akan membuat web Anda menjadi lemot.

Terlalu Banyak Plugin

Plugin mungkin memang membantu dalam mengelola dan mengoptimalkan suatu website. Namun, terlalu banyak plugin yang di install dalam suatu website juga memiliki dampak yang kurang baik untuk website. Hal ini karena, semakin banyak plugin artinya semakin banyak resource yang diperlukan.

Nah itulah alasan kenapa website loading lama. Dengan mengetahui penyebabnya tentu saja Anda bisa segera untuk mencari tahu solusi website loading lama hingga pengunjung tetap nyaman mengakses website Anda. Loading yang lama nyatanya memang bisa menurunkan peringkat di Google. Cara untuk meningkatkan peringkat bisa menggunakan SEO maupun SEM Google.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.