Analisis Backlink dalam SEO, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Analisis Backlink dalam SEO

Salah satu elemen penting dalam search engine optimization adalah backlink. Backlink sendiri adalah sebuah link dari situs lainnya ke situs Anda. Search engine seperti Google menggunakan backlink sebagai tanda otoritas dan kualitas. Namun, backlink yang dipertimbangkan adalah backlink yang berkualitas. Untuk itu, Anda perlu analisis backlink dalam SEO. 

Apa Itu Backlink Analysis?

Analisis Backlink secara sederhana dapat diartikan sebagai evaluasi volume dan menilai kualitas tautan yang mengarah ke suatu situs. Menganalisis tautan mampu membantu Anda untuk menentukan bagaimana strategi kedepannya apakah ingin mempertahankan tautan tersebut atau justru melakukan disavow. 

Mengapa Harus Melakukan Analisis Backlink dalam SEO?

Search engine melihat link sebagai indikator menentukan otoritas sebuah situs yang mana artinya itu sangat berarti untuk SEO. Analisis backlink menunjukkan kepada Anda semua tautan yang mereka pertimbangkan serta memberikan pemahaman tentang kemampuan situs Anda untuk mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari. 

Tak hanya situs Anda sendiri saja yang bisa Anda analisa, Anda juga bisa menganalisa backlink milik kompetitor untuk tahu link apa saja yang tertanam di dalamnya. Anda juga bisa melihat link opportunities yang mungkin saja sudah Anda lewatkan. 

Analisis Backlink

Cara Melakukan Analisa Backlink

Jika Anda belum pernah melakukan analisa backlink sebelumnya. Di bawah ini langkah – langkah dasar melakukan analisa backlink yang bisa Anda lakukan :

Pilih Situs yang Akan Anda Analisa

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih situs mana yang akan Anda analisa. Anda bisa menggunakan situs Anda sendiri atau jika ingin mengetahui kelebihan dan kelemahan kompetitor, Anda bisa menggunakan situs milik orang lain. Anda harus tahu terlebih dahulu siapa kompetitor Anda agar analisa ini tidak sia – sia.

Pilih Tools untuk Analisa Backlink

Setelah Anda memilih situs mana yang ingin Anda teliti, Anda harus tahu tools apa yang ingin Anda gunakan. Tools cek backlink ada banyak. Ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Beberapa tools yang sering digunakan antara lain Ahrefs, SEMRush, MOZ. Ketiga tools ini berbayar, namun Anda tetap masih bisa menggunakan versi gratisnya. Tapi tentu saja kekurangannya adalah data yang didapatkan tidak lengkap.

Kumpulkan Informasi yang Diperlukan

Step analisa backlink dalam SEO yang selanjutnya adalah mengumpulkan informasi – informasi yang telah tersedia untuk keperluan strategi Anda kedepannya. Di sinilah skill analisa Anda sebagai pelaku SEO teruji. Anda harus jeli melihat mana yang berpotensi memberi peringkat dan mana yang tidak. 

Data yang Harus Anda Lihat dalam Proses Analisa Backlink

Analisis Backlink

Tools analisa backlink mampu memberikan informasi dan data data mulai yang terpenting sampai yang kurang penting sekalipun ada semua. Jika Anda analisa semua data – data ini tentu saja membutuhkan waktu yang begitu lama. Itu berarti, Anda harus melihat data – data mana yang sekiranya penting. Beberapa data penting tersebut adalah :

Total Backlink

Data pertama yang harus Anda lihat adalah total backlink yang ada di dalamnya. Dengan mengetahui jumlah backlink yang ada di situs kompetitor, Anda jadi tahu berapa jumlah backlink berkualitas yang harus Anda dapatkan di kemudian hari. Total backlink memang tidak begitu penting. Yang dipertimbangkan adalah kualitasnya. Namun, jika posisi kompetitor sudah ada di atas Anda, bukankah berarti Google menilai situs tersebut lebih bagus.

Referring Domain

Anda juga bisa melihat dari segi referring domainnya. Jika Anda menganalisa situs Anda sendiri, Anda dapat memberi gambaran tentang di mana tautan Anda yang paling berkualitas berada. Jika Anda sedang menganalisa kompetitor, informasi ini sangat berharga karena Anda bisa “meniru” untuk situs Anda.

Top Pages

Data yang harus Anda lihat yang selanjutnya adalah top pages. Top pages merupakan halaman dengan link paling banyak. Umumnya top pages adalah homepage. Anda dapat mengetahui persebaran backlink dengan melihat top pages.

Nah itulah bagaimana cara analisis backlink dalam SEO. Semoga artikel ini membantu Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.