Fakta Tentang Backlink Strategy yang Harus Anda Ketahui

Fakta Tentang Backlink Strategy

Salah satu studi yang mengejutkan yang pernah Ahrefs teliti mendapatkan fakta bahwa sekitar 90,63% content yang ada di internet tidak mendapatkan traffic sama sekali. Jadi, bagaimana cara membuat konten tersebut memiliki pengunjung? Alternatif yang bisa Anda lakukan adalah membangun backlink strategy. Agar Anda lebih tahu lagi tentang backlink strategy, ketahui terlebih dahulu fakta tentang backlink strategy dalam SEO.

Apa Itu Backlink Strategy?

Sebelum mengetahui apa itu backlink strategy, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu backlink. Backlink adalah sebuah link yang berasal dari website milik orang lain yang menuju ke website Anda. Jadi, backlink strategy merupakan strategi yang Anda lakukan agar bisa menghasilkan backlink. Tapi backlink di sini yang dimaksud adalah backlink yang berkualitas. Backlink berkualitas umumnya berasal dari situs – situs high authority. 

Fakta Tentang Strategi Backlink

Fakta Backlink Strategy

Backlink Menghubungkan Pengunjung ke Konten – konten Anda

Semakin banyak backlink yang terhubung satu sama lain, semakin banyak jaringan yang terbangun menghubungkan konten dalam web satu dengan yang lainnya. Hal ini juga memungkinkan untuk terjadi “transfer” pembaca antara website yang satu dengan yang lainnya. Namun, ada sedikit catatan. Bangunlah backlink dari situs – situs yang masih relevan dengan konten atau situs Anda.

Backlink Adalah Bagaimana Cara Google Menemukan Halaman Baru

Backlink ibarat sebuah “vote” yang diberikan website lain dan menunjukkan kepada Google keberadaan situs Anda. Semakin banyak “vote” yang akan Anda dapatkan maka semakin tinggi juga rangking yang Anda dapatkan (dengan catatan harus berkualitas). Jika Anda menjalankan strategi backlink yang baik, bukan hal yang aneh jika website Anda berada di situs paling atas mesin pencari.

Penempatan Backlink Dapat Berdampak Pada Link Building Strategy

Dari siapa backlink berasal sangat penting untuk diperhatikan. Anda harus benar – benar memperhatikan dimana penempatan backlink berada. Penempatan backlink yang berada di dalam sebuah text (contextual backlink) jauh lebih bagus dari pada backlink yang berada di tempat – tempat lain. Di tempat lain bukan berarti tidak bagus. Hanya saja “power” yang diterima tidak sebanyak contextual backlink.

Fakta Backlink Strategy

Jangan Lupa Perhatikan Anchor Text

Fakta tentang backlink strategy yang selanjutnya adalah anchor text nyatanya berperan penting dalam backlink. Gunakan anchor text berupa kata kunci agar Google menganggap konten yang Anda miliki relevan. Jangan gunakan kata – kata seperti “read more” dan yang lainnya untuk menaruh backlink.

Konten yang Bagus Adalah Kunci Backlink Strategy

Sebelum Anda mencari sumber backlink, sebelumnya Anda harus memiliki konten yang bagus. Strategi seperti ini umumnya disebut “content – based strategy”. Selalu ingat, backlink adalah salah satu part dari content marketing strategy. Jika Anda memiliki konten yang bagus, situs high authority pun tak segan segan untuk memberi backlink pada Anda. Kini mudah sekali membuat konten yang bagus karena sudah ada penyedia jasa buat artikel.

Guest Post Bisa Jadi Alternatif

Salah satu cara untuk mendapat backlink high authority adalah dengan guest post. Anda bisa untuk meminta izin kepada pemilik website yang sudah high authority untuk meminta guest post. Umumnya Anda akan dikenakan sejumlah biaya. Namun tenang saja, harga yang Anda bayarkan tidak akan sebanding dengan nanti apa yang Anda dapatkan.

Nah itulah beberapa fakta tentang backlink strategy. Semoga artikel ini membantu Anda ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.