Link Profile Backlink, Apakah Masih Efektif Digunakan?

Link Profile Backlink

Sebagai praktisi SEO, tentu Anda tahu jika backlink memiliki peranan yang cukup penting untuk mendongkrak popularitas dan rangking sebuah situs di mesin pencari. Untuk jenis backlink sendiri ada banyak sekali mulai dari blog comment backlink, contextual backlink, serta ada juga link profile backlink. Nah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai link profile backlink dan apa saja dampaknya untuk SEO.

Apa itu Backlink Profile?

Backlink profile adalah sebuah backlink yang dibuat pada sebuah profile website jejaring sosial, forum, group serta website yang lainnya yang memungkinkan seseorang untuk dibuat profile user. Jenis backlink yang satu ini juga termasuk jenis backlink yang sudah tergolong lama. Namun, apakah benar masih efektif untuk mendongkrak posisi di mesin pencari? Kita cari tahu semuanya di sini.

Selain jumlah backlink, backlink profile juga merinci karakteristik tautan yang lainnya seperti tipe link yang digunakan, anchor text (apakah clickable atau tidak), kualitas domain yang dimiliki serta yang terakhir ada relevansi dengan situs yang Anda targetkan untuk bisa berada di halaman terbaik dalam SERPs.

Cara Kerja Link Profile Backlink

Penempatan profile backlink seperti namanya adalah ditempatkan di profile profile sebuah media seperti di profile Facebook, profil Twitter, Profil Instagram dan profil – profil yang lainnya. Jika sebuah media menyediakan kolom untuk Anda meletakkan situs Anda dalam sebuah profil, ini menandakan bahwa situs tersebut memberi izin untuk melakukan backlink dan legal. 

Umumnya, jenis link yang terdapat di dalamnya adalah jenis link dofollow. Jenis link ini memungkinkan untuk memperbolehkan robot crawler untuk menelusuri link tersebut. Jadi, mesin pencari bisa menemukan situs Anda dari backlink Anda di mesin pencari. Namun umumnya untuk dini ini makin susah sebuah link profile backlink untuk terindex.

Bagaimana Backlink Profile yang Bagus?

Link Profile Backlink

Profile backlink yang baik tentu saja terdiri dari backlink profile yang berkualitas. Backlink yang baik tidak hanya terdiri dari dofollow link saja namun dikombinasikan dengan nofollow link. Namun jelas saja link dofollow memiliki jumlah yang lebih banyak dari pada link nofollow. Tidak ada ketentuan tertentu yang harus Anda lakukan untuk melakukan backlink profile ini.

Memang, jika Anda menargetkan untuk memperbanyak kunjungan, jenis backlink yang satu ini nampaknya kurang mewujudkan goals tersebut. Jika Anda ingin memperbanyak kunjungan, gunakan jenis backlink kontekstual dari situs – situs yang memang sudah memiliki otoritas yang jauh lebih tinggi. 

Bagaimana Backlink Profile yang Kurang Bagus?

Profil backlink yang buruk umumnya memiliki lebih banyak link yang berkualitas kurang bagus serta berasal dari profil situs yang memiliki otoritas yang rendah juga. Selain itu, backlink yang dimiliki juga tidak terlihat wajar. Umumnya, lebih memperhatikan jumlah dari pada kualitas yang dimilikinya. 

Dampak Link Profile Backlink untuk SEO

Seperti yang telah ada di atas, memang betul jika link profile backlink tidak memiliki power sekuat kontekstual backlink. Namun keberadaannya tetap bisa mendongkrak sebuah situs untuk berada di posisi terbaik selama link yang dihasilkan berasal dari situs high authority dan link dofollow. Anda juga perlu mengkombinasikan dengan link no follow agar terkesan natural serta tidak mengelabui Google.

Tips Membuat Backlink Profile

Link Profile Backlink

Gunakan Situs yang Memiliki High Authority

Tips yang pertama adalah dengan menggunakan situs – situs yang berasal dari situs yang sudah memiliki otoritas yang tinggi. Anda bisa menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, Medium atau sumber lainnya yang menyediakan kolom website pada pembuatan profil nya. Hindari membuat profile di media – media yang kurang memiliki kredibilitas dan jangan asal menaruh link situs Anda.

Link Dofollow

Link yang bagus untuk mendongkrak rangking pada mesin pencari adalah jenis link dofollow. Namun lagi lagi kami ingatkan untuk mengimbangi dengan link nofollow. Ini memang masih menjadi perdebatan di antara pakar SEO. Memang dari awal Anda harus sadar jika SEO tidak memiliki pedoman tertentu sehingga semua orang bebas berpendapat apa saja.

Jangan Berlebihan

Anda pasti sadar jika sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Hal ini tampaknya juga berlaku bagi pembuatan backlink profile. Jika Anda terlalu “bersemangat” untuk melakukan backlink profile ini, Google akan mengindikasikan hal tersebut sebagai spam. Ini tentu bukan sebuah langkah yang tepat. Lakukan secara perlahan agar terlihat natural.

Keyword yang Bervariasi

Agar backlink tidak memiliki reputasi yang jelek, maka Anda juga harus melakukan variasi pada anchor text yang Anda gunakan. Anda bisa menggunakan keyword utama sebagai anchor text atau Anda bisa juga menggunakan keyword turunannya atau LSI sebagai anchor text.

Nah itulah pembahasan mengenai link profile backlink. Semoga dengan adanya artikel ini, jenis backlink ini bisa membantu Anda dalam mewujudkan goals Anda menggunakan SEO yakni membuat situs Anda berada di posisi terbaik dalam SERPs.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *