Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan PBN Backlink, Apa Saja?

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan PBN Backlink

Tanpa strategi backlink yang baik, situs bisa saja turun rankingnya dengan tiba – tiba. Ya, nyatanya membuat konten yang bagus saja tidak cukup. Anda harus membarenginya dengan backlink. Jenis backlink sendiri ada banyak. Mulai dari editorial backlink, kontekstual backlink, blog comment backlink, hingga image link building. Tapi, apakah Anda pernah mendengar PBN backlink? Kelebihan dan kekurangan menggunakan PBN backlink apa saja?

Apa itu PBN Backlink?

Secara sederhana, PBN atau private blog network merupakan jaringan blog yang dibuat sendiri untuk mendapatkan backlink yang berkualitas. Dalam praktiknya, PBN menggunakan domain yang sudah mati untuk membangun otoritas domain. PBN termasuk ke dalam grey hat SEO yang mana merupakan salah satu praktik yang tidak “semurni” white hat SEO (praktik SEO yang Google sangat sukai) dan tidak seburuk black hat SEO (kebalikan white hat SEO). Jadi, posisinya ada di tengah – tengah. Seperti hal yang lainnya, menggunakan PBN juga ada kelebihan dan kekurangannya. Apa sajakah itu? Mari kita ketahui melalui ulasan di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan PBN Backlink

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan PBN Backlink

Kelebihan PBN Backlink

Dengan Cepat Meningkatkan Peringkat

Situs yang mendapatkan backlink dari situs PBN akan mengalami peningkatan peringkat yang signifikan di SERPs dalam kurun waktu yang cukup cepat. Menggunakan jaringan blog ini memang membantu meningkatkan visibilitas website di mesin pencari. Jika Anda memiliki domain yang sudah berumur, memiliki track record yang bagus, serta backlink yang tertanam bagus, juga bisa Anda jadikan sebagai PBN.

Jika Dilihat dari Hasilnya, Harganya Murah

Harga PBN tanpa melihat hasilnya memang mahal. Ya, beberapa orang enggan untuk mengeluarkan uang sebanyak itu demi sebuah PBN. Tapi, coba tilik dengan hasil yang didapatkan. Bisa jadi, teknik mendapatkan tautan yang satu ini jauh lebih murah dari pada jenis teknik lainnya. 

Cepat Mendapatkan Keuntungan

PBN Backlink dapat membantu Anda untuk mengumpulkan banyak keuntungan berupa pendapatan dengan cepat karena ada hubungannya dengan nomor satu. Ketika situs sudah mendapat rangking terbaik di Google, salah satu benefitnya adalah peluang penjualan yang akan meningkat. Brand awareness juga akan terbangun dengan baik karena Google akan menganggap bahwa situs yang berada di halaman satu Google adalah situs yang profesional dan terbaik. 

Kekurangan Menggunakan PBN Backlink

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan PBN Backlink

Mahal Bagi Sebagian Orang

Jika dilihat dari hasilnya, menggunakan PBN backlink bisa dibilang lebih murah dari pada menggunakan teknik SEO yang lainnya. Namun, bagi beberapa orang, menggunakan PBN masih tergolong mahal. Hal ini karena urusan biaya, Anda setorkan semuanya pada bagian awal. Atau dalam kata lain, Anda harus “berinvestasi” lebih banyak di awal agar mendapatkan keuntungan – keuntungan yang telah disebutkan di atas.

Membutuhkan Waktu yang Lama

Jika Anda menggunakan PBN Anda sendiri, umumnya waktu yang dibutuhkan akan lama. Mengapa demikian? Hal ini karena memilih expired domain membutuhkan waktu yang lama untuk menemukan yang paling tepat. Mungkin ada solusi lainnya untuk mengatasi ini yakni dengan mempercayakan pada sebuah agensi. Tapi tentu saja harganya jadi jauh lebih mahal.

Adanya Resiko Terkena Penalti

Seperti yang telah disebutkan di atas jika PBN backlink termasuk ke dalam grey hat SEO yang mana sebenarnya Google tidak terlalu menyukai praktik yang satu ini. Terkena penalti dari Google merupakan skenario terburuk. Situs Anda bisa menurun peringkatnya, deindex atau bahkan ter-banned dari Google.

Kesimpulan

Nah itulah kelebihan dan kekurangan menggunakan PBN Backlink. PBN sangat membantu untuk Anda yang sedang menerapkan strategi link building untuk membuat situs berada di halaman atas. Tapi, tentu saja ada kekurangan yang sebaiknya Anda pertimbangkan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.