Image Link Building dalam SEO, Bagaimana Caranya?

Image Link Building dalam SEO

Salah satu hal untuk mendapatkan backlink berkualitas bisa berasal dari image. Tapi, image link building dalam SEO yang benar dan terbaik itu seperti apa? Mengapa harus menggunakan image link buiding untuk mendapat backlink? Mengapa tidak jenis backlink seperti contextual backlink atau yang lainnya? Nah pada artikel yang satu ini, mari kita bahas bersama – sama beberapa hal yang harus Anda ketahui dalam image link building. Simak selengkapnya ya!

Alasan Image Link Building Sangat Berharga

Anda mungkin bertanya mengenai apa itu image link building? Mengapa keberadaannya penting? Serta yang paling penting adalah bagaimana cara untuk membuatnya. Jika Anda membuat gambar yang memiliki kualitas bagus maka itu sangat mungkin sekali untuk mendapatkan backlink ke situs Anda dari situs yang lainnya. 

Coba bayangkan jika ada pengguna yang tertarik dengan gambar yang Anda buat dan membagikannya ke sosial media sehingga banyak orang lain yang datang ke situs Anda berkat itu, coba bayangkan berapa banyak traffic yang mungkin Anda dapatkan dari situs semua? Tentu saja ada banyak sekali bukan?

Gambar akan membantu pengunjung situs untuk mengerti isi artikel tanpa membaca artikel secara keseluruhan. Beberapa statistik mengenai gambar beberapa diantaranya adalah :

  1. 52% digital marketer menyatakan jika link building dan brand mentions berdampak langsung pada organic search rankings
  2. Situs yang berada di halaman satu Google memiliki 3,8x backlink yang lebih banyak daripada peringkat 9 di bawahnya
  3. Pengguna jauh lebih fokus ke gambar daripada info berupa teks

Bagaimana Cara Membuat URL untuk Gambar?

Image Link Building

Anda bisa menggunakan Imgur. Imgur menawarkan kemudahan dalam menggunakannya. Caranya cukup mudah saja, Anda hanya tinggal mengunjungi website resmi imgur yakni imgur.com, buat akun lalu klik new post. Tambahkan gambar lalu tambahkan judul dan pilih “hidden” untuk menyembunyikannya. Jika sudah post dan jangan lupa copy link. Sebenarnya Anda bisa juga menggunakan platform lainnya untuk keperluan image link building dalam SEO.

Jenis Gambar Untuk Link Building

Infografis

Infografis yang dirancang dengan baik dan menarik adalah cara yang terbaik untuk image link building. Meskipun umumnya untuk jenis gambar yang satu ini perlu dilakukan riset terlebih dahulu agar hasilnya akurat. Pengerjaannyapun tidak mudah. Namun tenang saja, kini sudah ada software seperti Visme atau bahkan Ms Power Point untuk membuat infografis ini.

Infografis 30x lebih mudah menarik minat baca pengguna dari pada teks biasa. Selain itu, infografis mampu meningkatkan lalu lintas hingga 12%. 53% digital marketing menggunakan infografis untuk mendapat backlink.

Logo, Badges atau Banner

Image link building dalam search engine optimization juga bisa berasal dari logo, badge atau bahkan banner. Jika bisnis Anda memiliki logo, maka gunakan logo tersebut. Ini baik juga untuk brand awareness situs Anda. Meskipun kemungkinannya kecil namun bukan berarti tidak mungkin.

Foto Produk

Nyatanya, foto produk juga bisa jadi salah satu sumber image link building. Memotret produk yang dicari pengunjung dapat menghasilkan backlink jika gambar yang dihasilkan berkualitas, menonjol dan mempresentasikan produk dengan baik. Ini juga termasuk ke dalam strategi e-commerce yang bisa Anda coba.

Visual Statistic Graph

Banyak digital marketer menggunakan grafik statistik untuk memperkaya konten yang dimilikinya. Nah oleh karena itu mereka butuh sumber gambar yang mereka gunakan. Jika milik Anda digunakan, maka sangat besar kemungkinan bagi Anda untuk mendapatkan backlink.

Optimasikan Gambar Untuk Search Engine

Image Link Building

Gambar yang akan dijadikan sebagai image link building dalam SEO juga harus dioptimasikan. Search engine akan mengirimkan robots dan crawler untuk meng-crawl gambar Anda. Agar lebih mudah tugas Googlebot, lakukan hal – hal di bawah ini :

Tambah Alt Text

Menambahkan alt text nyatanya termasuk ke dalam optimasi on page. Itu berarti alt text sangat penting bukan? Menambahkan alt text dalam gambar mampu membuat mesin pencari jadi jauh lebih mudah untuk menemukan situs Anda. Saran kami, tambahkan kata kunci pada alt text.

Title

Untuk membangun image link building dalam SEO, Anda juga bisa menambahkan title. Berikan penjelasan singkat tentang apa yang disampaikan pada gambar. Sangat penting halnya untuk menambahkan kata kunci di sini. Tak harus menggunakan keyword utama, Anda bisa menggunakan LSI.

File Name

Membuat file name yang deskriptif (mampu menjelaskan gambar yang ada file tersebut) juga merupakan langkah yang tepat untuk optimasi gambar juga untuk mendapatkan backlink dari gambar. 

Caption

Meskipun hal ini tidak secara signifikan mempengaruhi SEO secara langsung, namun bukan berarti tidak penting untuk menambahkan caption pada gambar Anda. Memberi caption pada gambar mampu membuat website jadi lebih mengerti mengenai gambar Anda.

Nah itulah serba serbi image link building dalam SEO. Semoga artikel yang satu ini bisa membuat referensi Anda mengenai link building bertambah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.