Fungsi Google Keyword Planner

Fungsi Google Keyword Planner

Bagi para pengiklan tentu saja sudah tidak asing lagi dengan namanya Google Keyword Planner. Orang – orang hanya tahu jika Google Keyword Planner hanya berfungsi untuk mencari kata kunci saja, namun apakah benar fungsi Google Keyword Planner hanya itu saja?

Untuk mengetahuinya, silakan baca artikel ini hingga habis. Sebelum mengetahui fungsinya apa saja, mari berkenalan dengan apa itu Google Keyword Planner.

Apa itu Google Keyword Planner?

Google Keyword Planner merupakan salah satu layanan dari Google yang tergabung dalam Google Ads yang membantu Anda untuk mencari kata kunci – kata kunci yang tepat dan keperluan penayangan iklan Google Ads yang lainnya.

Meskipun tergabung dengan layanan iklan berbayar Google Ads, namun tenang saja. Penggunaan tools Google Keyword Planner tidak dipungut biaya alias gratis.

Lantas, apa saja fungsi yang diberikan oleh Google Keyword Planner ini? Apa hanya digunakan sebagai tools untuk riset kata kunci saja? Ini dia fungsi lain dari Google Keyword Planner. Simak selengkapnya!

Fungsi Google Keyword Planner

Fungsi Google Keyword Planner

Menemukan Kata Kunci Baru

Fungsi dari Google Keyword Planner yang pertama jelas sekali sudah diketahui oleh banyak orang yakni mampu menemukan kata kunci yang baru terkait dengan produk, layanan atau bahkan situs Anda.

Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menemukan kata kunci utama lalu Google Keyword Planner akan memberikan kata kunci lain yang masih relevan. Selain itu, Anda bisa juga mencari berdasarkan situs yang Anda miliki.

Melihat Penelusuran Bulanan

Dengan menggunakan Google Keyword Planner ini, Anda bisa tahu penelusuran per bulannya sehingga Anda bisa memperkirakan bagaimana strategi yang digunakan untuk “memenangkan” kata kunci tersebut karena sudah tahu tingkat persaingannya.

Menentukan Biaya

Dengan menggunakan Google Keyword Planner, Anda juga bisa menentukan biaya yang digunakan dikarenakan pada Google Keyword Planner terdapat rata rata bid tertinggi dan juga rata rata bid terendah sehingga Anda bisa mengestimasikan berapa uang yang dikeluarkan dalam beriklan menggunakan kata kunci tersebut. Tapi tenang saja, salah satu keuntungan menggunakan Google Ads adalah pembiayaannya yang fleksibel.

Mengatur Kata Kunci

Dengan menemukan kata kunci di Google Keyword Planner, Anda juga bisa mengelompokkan kata kunci – kata kunci tersebut sehingga Anda tidak perlu lagi untuk mengelompokkan lagi. Dengan adanya fitur ini, bukankah lebih mudah dalam pengoptimalannya?

Membuat Kampanye Baru

Setelah mendapatkan kata kunci di Google Keyword Planner, Anda bisa menggunakan kata kunci – kata kunci ini untuk membuat campaign baru yang berfokus pada riset kata kunci yang mendalam.

Secara umum, itulah kegunaan atau fungsi dari tools bawaan Google Ads, Google Keyword Planner. Tak hanya berguna sebagai cara untuk meriset kata kunci saja, Google Keyword Planner ternyata bisa juga digunakan untuk yang lainnya. Untuk memaksimalkan Iklan di Google Ads, Anda harus memahami hal wajib untuk memaksimalkan Google Ads itu apa saja.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.