Directory Backlink Dalam SEO, Bagaimana Cara Membuatnya?

Directory Backlink Dalam SEO

Setiap praktisi SEO harus paham mengenai jenis – jenis backlink mulai dari contextual backlink, blog comment backlink dan jenis yang lainnya. Nah ternyata jenis backlink ada juga yang namanya directory backlink. Maksudnya directory backlink dalam SEO itu apa? Nah pada kesempatan kali ini, mari kita bahas lebih lanjut.

Apa itu Directory Backlink?

Dalam istilah SEO, direktori merupakan sebuah situs yang memungkinkan Anda untuk mengirimkan URL halaman atau situs yang lainnya untuk membuat backlink. Tempat – tempat seperti Yellow Pages atau Yelp adalah contoh direktori yang mungkin Anda ketahui sebagai tempat untuk “membuat” backlink.

Seperti yang kita ketahui bersama, backlink merupakan salah satu hal paling penting dalam SEO, bahkan backlink masuk ke dalam SEO factor yang tidak bisa Anda sepelekan begitu saja. Backlink yang bermanfaat adalah backlink yang berkualitas. Semakin banyak backlink yang berasal dari sumber yang memiliki otoritas yang tinggi dan relevan maka semakin bagus untuk mendongkrak situs Anda. 

Directory Backlink

Mengapa Harus Membangun Directory Backlink?

Google sangat menghargai direktori yang bagus (dikenal juga dengan business listings) sehingga menjadikannya sebagai bagian dari local search algorithm. Namun, terlepas dari itu, ada hal lain yang mendasari mengapa Anda harus membangun directory backlink :

  1. Membuat profil backlink jadi jauh lebih beragam
  2. Membantu membangun domain authority yang bagus untuk brand awareness situs Anda
  3. Tidak perlu biaya yang mahal untuk membangunnya, pada beberapa direktori bahkan bisa digunakan secara gratis
  4. Jika dibandingkan dengan jenis backlink yang lainnya, jenis backlink ini lebih mudah untuk didapatkan
  5. Mampu mengirimkan “referral traffic” untuk situs Anda

Tipe Directory Backlink dalam SEO

Directory Backlink Dalam SEO

General Directories

Direktori jenis yang satu ini memungkinkan Anda untuk mengirimkan tautan dengan niche apapun. Contoh general directories beberapa diantaranya adalah jasmine directory dan hotfrog. Kedua directori ini tidak hanya fokus ke satu niche tapi general. Umumnya untuk membuat backlink direktori ini cukup mudah karena menerima semua niche.

Business Listings

Jenis yang kedua adalah business listings. Business listings termasuk ke dalam tautan yang berharga apalagi untuk SEO lokal. Tempat seperti Yell atau Manta adalah beberapa contoh dari business listings. Tipe link yang nanti akan Anda dapatkan adalah dofollow.

Local Citations

Jenis directory backlink dalam SEO yang selanjutnya adalah local citations. Local citations sangat bagus untuk local SEO. Salah satu contoh local citations adalah Google My Business atau Bing Places. 

Seperti namanya, paid directories memungkinkan Anda untuk membayar sejumlah uang untuk mendapatkan directories backlink. Anda perlu mengeluarkan sedikit uang untuk mendapatkan direktori backlink jenis ini tapi umumnya backlink yang didapatkan sangat powerfull di Google.

Niche Directories

Jenis yang selanjutnya adalah niche directories. Niche directories seperti bestgardensites.com memberikan dua keuntungan untuk Anda yakni dofollow link dan super-relevan backlink. 

Nah itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang directory backlink dalam SEO. Selain bisa berasal dari directory backlink, Anda juga bisa memperoleh backlink dari jasa backlink high authority. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membuat backlink Anda makin beragam lagi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *