Apa Itu Cost Per Click? Bagaimana Cara untuk Menghitungnya?

Cost Per Click

Bagi digital marketer, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang CPC atau Cost Per Click. CPC ini umumnya juga berkaitan dengan istilah yang lain yakni PPC atau pay per click. Nah sebenarnya definisi dari CPC itu apa sih? Bagaimana cara untuk memanfaatkannya? Terus efeknya untuk bisnis kita apa? Di bawah pembahasannya!

Apa itu Cost per Click?

Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya iklan yang biasanya terpasang di website – website. Nah ketika Anda baik sengaja maupun tidak sengaja mengklik iklan tersebut, maka klik tersebut dihitung sebagai biaya bagi si pemasang iklan. Inilah pengertian dari CPC.

Secara sederhana, CPC juga dapat juga diartikan sebagai metode yang digunakan oleh situs yang digunakan untuk menagih biaya iklan berdasarkan berapa banyak orang yang mengklik iklan tersebut. CPC biasanya erat kaitannya dengan platform iklan Google Ads. CPC juga termasuk ke dalam lingkup SEM Google karena mengiklankan suatu website untuk mencapai tujuan tertentu.

Bagaimana Cara Kerja CPC?

Umumnya, di dalam cost per click terdapat dua model yakni biaya per klik berdasarkan penawaran (price per click based on bidding) dan biaya tetap per klik (fixed priced per click). Pada model yang kedua yakni fixed priced per click, pihak pengiklan dan pihak publisher sudah saling bernegosiasi untuk masalah harga per clicknya. Tetapi tipe yang kedua ini sangat jarang digunakan, yang paling banyak digunakan adalah tipe yang pertama.

Dalam model biaya per klik berdasarkan penawaran, para pengiklan akan menentukan harga yang maksimal untuk sebuah klik. Semakin tinggi penawaran, landing page, dan quality score yang diajukan maka semakin tinggi pula kesempatan iklan tersebut dilihat oleh para audiens tertarget.

Cost Per Click

Cara kerja CPC adalah setiap kali iklan terlihat oleh audiens maka sistem secara internal akan melakukan pelelangan atau bidding dan sistem akan memperlihatkan iklan yang sudah lulus kontrol dengan penawaran yang paling tinggi pula. Iklan juga bisa dilihat ketika seorang pengguna mengetikkan kata kunci yang cocok dengan kata kunci yang telah di setting sebelumnya. 

Jika audiens hanya melihat iklannya saja, pihak pengiklan tidak perlu membayar sejumlah biaya. Pengiklan baru membayar sejumlah biaya ketika audiens meng-klik iklan tersebut. Hal ini tentu saja merupakan cara efektif untuk perusahaan dalam menghemat budgetnya.

Untuk cara menghitung CPC bagaimana? Apakah perlu untuk memperkirakan pengeluaran biaya ini?

Cara Menghitung CPC

Memperkirakan penghitungan CPC ini sangat penting karena pengiklan bisa memperkirakan berapa jumlah kisaran biaya yang dikeluarkan. Rumus untuk menghitung CPC sebagai berikut :

Harga cost per click = Total biaya iklan : total click

Jadi, ketika ada pengiklan yang beriklan sebesar 3 juta rupiah dan mendapatkan 500 klik maka harga CPC untuk iklan tersebut adalah 6 ribu rupiah. Semakin tinggi biaya yang dikeluarkan memang meningkatkan kesempatan untuk meningkatkan konversi, namun ada baiknya untuk melakukan beberapa pertimbangan terlebih dahulu dalam menayangkan iklan Google Ads.

Mengapa Mengukur CPC itu Penting?

Cost Per Click

Manfaat pertama yang bisa dilakukan digital marketer ketika mengukur CPC adalah mampu mengetahui seberapa efektif biaya iklan Google Ads yang diperlukan terhadap traffic yang masuk. Manfaat yang selanjutnya bisa juga untuk mengetahui serta mengukur keyword, banner iklan atau teks iklan mana saja yang efektif digunakan dalam sebuah campaign. Lalu pengiklan juga bisa mengetahui bagaimana cara atau trik dalam mendistribusikan materi iklan yang telah dibuat.

Apakah CPC Efektif untuk Sebuah Bisnis?

Sebenarnya efektif atau tidaknya sebuah CPC untuk bisnis tergantung juga dengan faktor yang lainnya. Pengguna memang mungkin saja mengklik iklan yang ditayangkan yang menuju ke website Anda, tapi apakah ada yang menjamin pengunjung bisa berlama – lama di website Anda? Oleh karena itu, tidak bisa dipukul rata apakah CPC efektif untuk sebuah bisnis atau tidak.

Untuk mengetahuinya, Anda perlu mencoba sendiri menayangkan iklan Google Ads. Jika Anda rasa, Anda masih pemula maka Anda bisa juga mengandalkan Jasa Google Ads yang kini sudah banyak diluaran sana. Tapi cari Jasa pasang iklan Google Ads yang terbaik ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.