Contoh Negative Keyword dalam Google Ads

Contoh Negative Keyword dalam Google Ads

Contoh Negative Keyword dalam Google Ads ada apa saja? Beriklan melalui Google Ads adalah salah satu strategi pemasaran digital yang efektif untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Namun, untuk memaksimalkan efektivitas iklan dan menghemat anggaran, penting untuk menggunakan negative keyword. Negative keyword adalah kata atau frasa yang Anda tambahkan ke kampanye iklan untuk menghindari penayangan iklan kepada audiens yang tidak relevan. Berikut adalah tujuh contoh negative keyword dalam Google Ads yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kinerja iklan Anda.

Baca Juga : Mengapa Harus Menggunakan Negative Keyword dalam Google Ads

Contents

Contoh Negative Keyword dalam Google Ads

1. Produk atau Layanan yang Tidak Ditawarkan

Ketika beriklan di Google Ads, Anda ingin memastikan bahwa iklan Anda hanya muncul untuk pencarian yang relevan dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Misalnya, jika Anda menjual produk dengan harga premium, Anda mungkin ingin menghindari kata kunci seperti “gratis”, “free”, “cheap”, atau “murah”. Pengguna yang mencari produk atau layanan gratis atau murah mungkin bukan target pasar Anda, sehingga menambahkan kata-kata ini sebagai negative keyword dapat membantu menghindari pemborosan anggaran iklan.

Dengan menambahkan kata kunci negatif seperti “gratis” dan “murah”, Anda dapat memastikan bahwa iklan Anda tidak muncul untuk pencarian yang mencari produk atau layanan dengan anggaran rendah. Ini tidak hanya membantu Anda menghemat biaya iklan tetapi juga memastikan bahwa klik yang Anda dapatkan berasal dari pengguna yang lebih mungkin untuk melakukan pembelian. Akhirnya, hal ini dapat meningkatkan tingkat konversi dan ROI (Return on Investment) iklan Anda.

2. Spesifikasi yang Tidak Relevan

Jika bisnis Anda menawarkan produk baru atau layanan terkini, Anda mungkin ingin menghindari tampil di hasil pencarian untuk produk lama atau bekas. Kata kunci negatif seperti “lama”, “bekas”, “usang”, atau “second-hand” bisa sangat membantu dalam situasi ini. Pengguna yang mencari produk bekas atau usang mungkin tidak tertarik dengan produk baru yang Anda tawarkan, sehingga menambahkan kata-kata ini sebagai negative keyword dapat membantu meningkatkan relevansi iklan Anda.

Menggunakan negative keyword ini memastikan bahwa iklan Anda hanya menjangkau audiens yang mencari produk baru, yang lebih sesuai dengan apa yang Anda tawarkan. Ini membantu meningkatkan kualitas klik yang Anda dapatkan dan mengurangi biaya per klik yang tidak menghasilkan konversi. Selain itu, hal ini juga membantu membangun persepsi yang lebih tepat tentang merek Anda di mata konsumen.

3. Pesaing atau Merek Lain

Salah satu cara untuk menghindari pemborosan anggaran iklan adalah dengan menambahkan nama pesaing atau merek lain sebagai negative keyword. Misalnya, jika Anda adalah retailer yang menjual produk Adidas, Anda mungkin tidak ingin iklan Anda muncul untuk pencarian yang terkait dengan “Nike”. Pengguna yang mencari merek tertentu mungkin memiliki preferensi kuat dan kurang tertarik dengan alternatif yang Anda tawarkan, sehingga ini bisa menjadi cara efektif untuk memfokuskan anggaran iklan Anda pada audiens yang lebih relevan.

Dengan menambahkan nama pesaing sebagai negative keyword, Anda dapat mengarahkan lebih banyak lalu lintas yang relevan ke iklan Anda dan meningkatkan peluang konversi. Ini juga membantu mengurangi biaya klik yang tidak efektif dan meningkatkan efisiensi keseluruhan kampanye iklan Anda. Fokus pada audiens yang secara aktif mencari produk atau layanan yang Anda tawarkan dapat membantu Anda mencapai hasil yang lebih baik dalam kampanye iklan Anda.

Contoh Negative Keyword dalam Google Ads

4. Industri yang Berbeda

Terkadang, istilah yang sama dapat digunakan di berbagai industri dengan makna yang berbeda. Misalnya, jika bisnis Anda berada di bidang teknologi, Anda mungkin ingin menghindari pencarian yang terkait dengan industri kesehatan atau medis. Kata kunci negatif seperti “kesehatan”, “medis”, atau “dokter” dapat digunakan untuk memastikan bahwa iklan Anda tidak muncul untuk pencarian yang tidak relevan dengan produk atau layanan teknologi yang Anda tawarkan.

Menambahkan kata kunci negatif yang terkait dengan industri yang berbeda dapat membantu meningkatkan relevansi iklan Anda dan mengurangi biaya iklan yang tidak perlu. Ini juga membantu memastikan bahwa anggaran iklan Anda digunakan dengan cara yang paling efisien, hanya menargetkan pengguna yang benar-benar tertarik dengan produk atau layanan Anda. Dengan demikian, Anda dapat meningkatkan kinerja kampanye iklan Anda dan mencapai audiens yang lebih tepat.

5. Informasi Pendidikan atau Tutorial

Jika Anda menjual produk atau layanan, Anda mungkin tidak ingin iklan Anda muncul untuk pencarian yang mencari informasi pendidikan atau tutorial. Kata kunci negatif seperti “cara”, “panduan”, “tutorial”, atau “belajar” dapat membantu Anda menghindari penayangan iklan kepada pengguna yang hanya mencari informasi dan bukan berniat membeli. Misalnya, jika Anda menjual perangkat lunak, Anda mungkin tidak ingin iklan Anda muncul untuk pencarian yang mencari tutorial cara menggunakan perangkat lunak tersebut.

Dengan menambahkan kata kunci negatif ini, Anda dapat memastikan bahwa iklan Anda hanya muncul untuk pencarian yang lebih berorientasi pada pembelian. Ini membantu meningkatkan relevansi klik yang Anda dapatkan dan meningkatkan peluang konversi. Pengguna yang mencari tutorial atau panduan mungkin tidak berada pada tahap pembelian dalam perjalanan konsumen mereka, sehingga menghindari mereka dapat membantu Anda mengalokasikan anggaran iklan Anda dengan lebih efektif.

6. Wilayah Geografis yang Tidak Ditargetkan

Jika bisnis Anda hanya melayani area geografis tertentu, penting untuk menambahkan lokasi yang tidak relevan sebagai negative keyword. Misalnya, jika Anda menjalankan bisnis lokal di Indonesia, Anda mungkin ingin menghindari penayangan iklan untuk pencarian yang berasal dari “Amerika Serikat”, “Canada”, atau “Jepang”. Menggunakan kata kunci negatif ini membantu memastikan bahwa anggaran iklan Anda tidak terbuang untuk menargetkan pengguna yang berada di luar wilayah layanan Anda.

Dengan menargetkan secara geografis dan menggunakan negative keyword untuk lokasi yang tidak relevan, Anda dapat memastikan bahwa iklan Anda hanya menjangkau audiens yang dapat benar-benar menggunakan produk atau layanan Anda. Ini membantu meningkatkan efisiensi kampanye iklan Anda dan mengurangi biaya yang tidak perlu. Fokus pada audiens lokal yang lebih relevan dapat meningkatkan peluang konversi dan memberikan hasil yang lebih baik untuk bisnis Anda.

7. Bentuk Pekerjaan atau Lowongan

Jika Anda beriklan untuk menjual produk atau layanan, Anda mungkin ingin menghindari pencarian yang terkait dengan lowongan kerja atau karir. Kata kunci negatif seperti “karir”, “pekerjaan”, “lowongan kerja”, atau “internship” bisa sangat membantu dalam menghindari penayangan iklan kepada pengguna yang mencari peluang pekerjaan. Pengguna ini mungkin tidak tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan, sehingga menambahkan kata-kata ini sebagai negative keyword dapat membantu meningkatkan relevansi iklan Anda.

Menggunakan kata kunci negatif ini memastikan bahwa iklan Anda hanya muncul untuk pencarian yang lebih relevan dengan tujuan bisnis Anda. Ini membantu meningkatkan kualitas klik yang Anda dapatkan dan mengurangi biaya per klik yang tidak menghasilkan konversi. Dengan fokus pada audiens yang mencari produk atau layanan Anda, Anda dapat mencapai hasil yang lebih baik dalam kampanye iklan Anda dan meningkatkan ROI iklan Anda.

Dengan memahami dan menggunakan negative keyword yang tepat dalam kampanye Google Ads Anda, Anda dapat meningkatkan efektivitas iklan, menghemat anggaran, dan mencapai audiens yang lebih relevan. Setiap negative keyword membantu Anda menyaring pencarian yang tidak relevan dan memastikan bahwa iklan Anda hanya ditampilkan kepada pengguna yang benar-benar berpotensi menjadi pelanggan. Dengan strategi yang tepat, negative keyword dapat menjadi alat yang sangat berguna untuk mengoptimalkan kampanye iklan Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *