Backlink Kontekstual, Jenis Backlink yang Paling “Powerfull”?

Backlink Kontekstual

Sebagai praktisi SEO, selain mengenal backlink dofollow dan juga backlink nofollow, Anda pasti paham jika jenis backlink ada banyak. Nah salah satu backlink yang paling banyak digunakan oleh – orang adalah backlink kontekstual. Nah pada kesempatan kali ini, mari kita bahas lebih lanjut mengenai jenis backlink yang satu ini.

Sejak dahulu, SEO tidak lepas dari SEO Off Page atau backlink (pelajari juga perbedaan antara SEO On Page dan SEO Off Page). Bahkan, menurut MOZ, SEO Off Page mendongkrak ¾ rangking di mesin pencari. Dari pernyataan ini, tentu saja dapat diketahui jika keberadaan backlink sangatlah penting. Banyak praktisi SEO beranggapan bahwa backlink kontekstual lebih powerfull daripada backlink profile ataupun yang lainnya. Mengapa demikian? Untuk menjawab pertanyaan ini, ketahui terlebih dahulu pengertian dari jenis backlink yang satu ini.

Apa Itu Contextual Backlink?

Backlink Contextual adalah jenis backlink yang penempatan backlinknya disematkan pada artikel di dalam suatu postingan entah itu pada bagian awal, pada bagian akhir atau bahkan di tengah – tengah. Beberapa orang beranggapan bahwa 1 backlink kontekstual memiliki kekuatan sama dengan 100 backlink jenis comment atau profil. Sekiranya, ada dua alasan yang mendasari mengapa backlink jenis ini jauh lebih memiliki kualitas yang baik dari pada backlink komen. Alasan tersebut beberapa diantaranya adalah karena relevansi yang jauh lebih bagus serta UX yang jauh lebih baik pula.

Backlink Kontekstual

Alasan Harus Menggunakan Backlink Kontekstual

Ada beberapa alasan yang mendasari mengapa Anda harus menggunakan jenis backlink ini. Alasan utama adalah karena Google memberikan nilai atau bobot yang jauh lebih besar dari pada jenis backlink non kontekstual. Ini adalah sebuah “ketentuan” yang diberikan oleh Google. 

Google beranggapan jika link yang kontekstual di dalam konten, memiliki relevansi yang jauh lebih besar serta memiliki “nilai tambah” pada suatu artikel yang di posting. Pemahaman Google juga memungkinkan mesin pencari untuk lebih mempercayai seakan akan tautan tersebut memang benar – benar ditambah bukan hasil dari “manipulasi” Google. 

Nah berikut ini, ada beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan ketika Anda mendapatkan atau membuat backlink kontekstual. Apa sajakah itu?

Manfaat Backlink Kontekstual

  • Traffic yang Jauh Lebih Banyak – Orang jauh lebih suka melakukan klik pada konten – konten yang bermanfaat
  • Meningkatkan Visibilitas – Lebih banyak orang melihat merek, nama serta nama website Anda
  • Menambah Jumlah Tautan – Orang yang melihat Anda tertaut dalam suatu link bagian cenderung akan menautkan pada milik Anda juga
  • Tingkatkan Otoritas – Google atau mesin pencari akan memberikan otoritas halaman atau domain pada website yang memiliki backlink – backlink yang berkualitas. Dan backlink berkualitas bisa berasal dari backlink yang memiliki bentuk contextual.
  • Meningkatkan Kredibilitas Situs – Orang jadi memiliki rasa kepercayaan pada situs Anda karena memiliki backlink jenis yang satu ini. 

Cara Untuk Mendapatkan Contextual Backlink

Guest Post

Cara yang paling cepat yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kontekstual link adalah menjadi guest post atau penulis tamu pada pemilik website yang lainnya. Anda bisa menyewa Jasa Penulis Artikel untuk membuat artikel yang berkualitas. Namun, jelas saja Anda harus mencari yang memiliki niche yang masih relevan. Perlu Anda perhatikan juga untuk kualitas dari website tersebut. Jangan sampai PA DA (atau metrik yang lain) jauh lebih rendah dari pada situs milik Anda

Tautan Otoritas yang Berfokus Pada Niche. 

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan tautan kontekstual adalah dengan berfokus pada cara mendapatkan link dari tautan otoritas tinggi yang memiliki niche yang sama dengan situs milik Anda. Jika situs Anda tentang kesehatan, maka fokuslah untuk mendapatkan backlink dari situs – situs kesehatan ternama seperti halodoc dan yang lainnya. 

Mungkin, ini adalah salah satu cara tersulit untuk mendapatkan backlink tersebut. Namun, ketika Anda mendapatkannya maka manfaat yang diberikan sangat banyak. Untuk mendapatkannya, Anda mungkin harus membuat sebuah konten yang memiliki kualitas tinggi serta bersumber dari sumber – sumber terpercaya sebagai referensi Anda. Kini sudah ada jasa backlink yang bisa mengupayakan untuk bisa mendapatkan sumber backlink dari media – media besar. 

Tautan Editorial

Tautan editorial umumnya bisa didapatkan dari situs web yang memiliki nilai otoritas yang tinggi yang tidak berfokus pada niche tertentu secara umum. Umumnya media – media besar seperti CNN adalah sumbernya. Ini mungkin hampir sama dengan yang sebelumnya namun fokusnya pada editorial saja. Cara ini tergolong sama sulitnya seperti yang sebelumnya namun sekali Anda mendapatkannya bisa bermanfaat sangat banyak.

Broken Link

Maksudnya, ketika ada suatu link yang berasal dari website dengan otoritas tinggi dan mengalami kerusakan, Anda bisa menggantinya dengan link milik Anda sendiri. Namun tentu saja link ini harus berkualitas serta memiliki niche yang sama.

Gunakan Jasa Backlink

Ini adalah alternatif yang banyak digital marketer gunakan untuk memperoleh backlink kontekstual yang cepat. Toh memang sah – sah saja. Namun, ketika memilih untuk menggunakan jasa backlink, pilihlah jasa backlink yang benar – benar memiliki backlink yang berkualitas. Jangan asal murah saja.

Itu tadi seputar backlink kontekstual. Semoga dengan adanya tulisan ini, bisa bermanfaat untuk Anda di kemudian hari. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.