Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Document Sharing Backlink

Document Sharing Backlink

Jenis backlink selain contextual backlink, profile backlink, hingga blogroll backlink juga ada jenis yang lainnya yakni document sharing backlink. Document sharing sendiri termasuk ke dalam teknik SEO Off Page yang memiliki tujuan untuk menghasilkan traffic serta tentu saja backlink yang mampu menaikkan situs ke halaman terbaik dalam SERPs. 

Document Sharing mengharuskan Anda untuk melakukan upload pada situs – situs lain yang menerima pempublikasian dokumen. Format dokumen yang biasanya digunakan umumnya adalah pdf, docx, ataupun yang lainnya. Document sharing adalah sumber lalu lintas yang meskipun tidak terlalu berdampak masif namun patut untuk diperhitungkan penggunaannya.

Pada dasarnya, jenis backlink yang satu ini sama saja dengan contextual backlink yang membedakannya hanya apa yang dikirimkan saja. Jika contextual backlink berarti Anda mempublikasikan tulisan maka document sharing backlink mempublikasikan dokumen. Anda dapat mengirimkan dokumen yang singkat atau bisa juga panjang. Bahkan, Anda juga bisa mengirimkan dokumen berupa buku dengan 200+ halaman di dalamnya. Scribd dan Docstoc adalah situs yang paling populer yang bisa Anda gunakan. 

Contents

Keuntungan Menggunakan Jenis Backlink yang Satu Ini

  1. Konten berkesempatan untuk terindex Google secara cepat
  2. Tambahkan foto serta penulisan yang mencolok pada beberapa bagian yang ingin di highlight nyatanya mampu meningkatkan click through rates
  3. Buat dokumen Anda dan unggah ke beberapa situs untuk mendapatkan banyak lalu lintas yang masuk
  4. Mudah dalam menambahkan link ke dalamnya

Situs Document Sharing Terbaik 

Document Sharing Backlink

Document Sharing adalah salah satu teknik yang penting untuk membangun backlink tier 1 website Anda. Pada zaman dahulu, bahkan banyak blogger yang melakukan “repackage” artikel yang sudah di postingnya ke situs document sharing untuk mendapatkan backlink dan tentu saja mendapatkan traffic. Nah di bawah ini ada beberapa situs yang bisa Anda gunakan untuk melakukan backlink jenis ini. Situs – situs ini sudah teruji reputasi dan kredibilitasnya.

SlideShare

Anda bisa mempublikasikan slide, pdf ataupun format dokumen yang lainnya pada platform media yang satu ini. Membuat profile SlideShare yang mengesankan dan mencapai visibilitas dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak traffic yang masuk ke situs Anda.

Scribd

Ini adalah salah satu platform yang cukup terkenal untuk melakukan upload dokumen. Anda juga bisa mengupload audio books melalui platform yang satu ini. Selain itu, Scribd adalah salah satu platform yang cocok untuk mempublikasikan konten original milik Anda sehingga bisa meningkatkan traffic yang masuk. 

Issuu

Issuu adalah website terbaik untuk mempublikasikan konten, dokumen dan yang lainnya. Platform Issuu jika dioptimasikan dengan benar mampu memberikan eksposur pada brand bisnis Anda. Jelas ini sangat menguntungkan.

Authorstream 

Platform selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai salah satu platform untuk melakukan document sharing backlink adalah authorstream. Platform ini bagus untuk mempublikasikan slide dan konten – konten original yang Anda miliki.

PdfSR

Seperti namanya, platform yang satu ini memungkinkan Anda untuk melakukan upload original konten berupa PDF.

Wattpad

Ya, platform yang sempat booming karena menyediakan cerita – cerita yang bisa diakses secara gratis kini bisa Anda jadikan sebagai sumber backlink. Jika diupload dengan benar, melakukan backlink pada website memungkinkan Anda untuk mendapatkan banyak traffic.

Situs – situs di atas memungkinkan untuk Anda membuat profil serta terhubung dengan orang lain. Secara keseluruhan, situs – situs ini membantu membangun link building dan meningkatkan eksposur website. Pada situs ini tidak ada aturan khusus jumlah kata minimal yang harus diterbitkan. Jadi, Anda bisa menerbitkan artikel jumlah kata berapapun. Namun saran dari kami, buatlah konten yang memiliki kualitas yang baik agar semakin banyak orang yang tertarik dengan profil Anda.

Cara Efektif Melakukan Document Backlink 

Document Sharing Backlink

Buat Dokumen yang Simple

Anda tidak membutuhkan artikel yang panjang untuk melakukan publikasi pada media document sharing Anda. Apakah harus sama dengan jumlah artikel pada umumnya? 1000 kata? Tentu saja jawabannya tidak. Anda bisa hanya melakukan upload di jumlah 400 kata saja. Seperti yang telah disebutkan di atas, tidak ada patokan khusus. Tetaplah buat konten yang berkualitas namun tetap menjaganya agar simple.

Gunakan Cover Image yang Menarik

Yang selanjutnya adalah membuat cover image yang menarik. Anda pastinya tahu jika orang jauh lebih suka dengan sesuatu yang berbau visual. Ya, untuk itu buatlah cover yang mampu menarik perhatian pengunjung. Anda bisa juga menambah desain pada gambar ilustrasi cover Anda agar lebih menarik.

Branding Dokumen Anda

Ketika Anda melakukan submit pada media – media document sharing tentu saja Anda ingin pengunjung baru untuk menuju situs Anda. Untuk itu, Anda perlu untuk melakukan branding dokumen Anda. Anda bisa meletakkan URL situs Anda di header maupun footer atau bisa juga menambahkan logo agar dokumen yang Anda publish terlihat profesional.

Berikan Informasi Lengkap pada Dokumen

Harapannya, tentu Anda ingin pengunjung melakukan download atau membaca dokumen Anda. Untuk itu, penting halnya memberikan informasi yang lengkap pada sebuah dokumen. Mungkin pada bagian awal, dokumen harus dibuat sesimple mungkin, namun bukan berarti dokumen ditulis dengan asal – asalan atau bahkan tidak lengkap. Anda harus memberikan informasi selengkap – lengkapnya pada pembaca Anda.

Buat Website Terlihat Menarik daripada Dokumen itu Sendiri

Langkah yang selanjutnya untuk membuat document untuk keperluan document sharing backlink adalah dengan membuat website terlihat menarik daripada dokumen itu sendiri. Bagaimana caranya? Anda harus membuat website yang terlihat profesional dengan konten berkualitas di dalamnya. Konten yang Anda publish di website harus jauh lebih berkualitas dari dokumen yang Anda upload pada media document sharing.

Nah itulah serba serbi mengenai document sharing backlink. Jika Anda ingin mendapatkan backlink berkualitas, Anda bisa juga memanfaatkan Jasa SEO atau Jasa Backlink. Semoga dengan adanya artikel yang satu ini bisa membuat website Anda berada di puncak posisi terbaik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *