Cara Mempertahankan Rangking di Google

10 Cara Mempertahankan Ranking di Google

Website berada di ranking pertama Google pasti keinginan semua orang. Jika sudah berada pada mesin pencarian ranking satu, hal yang paling sulit adalah mempertahankannya. Namun, tenang saja Anda bisa menggunakan optimasi website SEO. Cara mempertahankan ranking di Google dengan menggunakan SEO ini sangat beragam. 

SEO membuat konten yang ada di Google bisa ditampilkan sesuai kata kunci. Meski demikian, semakin banyak penggunaan SEO, alhasil semakin banyak dan ketat persaingan mencapai ranking 1 pada mesin pencari Google. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan tips meningkatkan SEO sehingga bisa mempertahankan rangking website di mesin pencari Google. 

Cara Meningkatkan Dan Mempertahankan Ranking Di Google 

Bagi Anda yang ingin meningkatkan website berada di ranking 1 serta mempertahankannya. Anda bisa memperhatikan cara berikut ini : 

Memahami Algoritma page Rank 

Google akan selalu memperbaiki mesin penelusurannya untuk menghasilkan pencarian yang akurat. Bahkan ada sekitar 500-600 pembaharuan oleh Google per tahunnya. Algoritma pada mesin pencari ini menentukan website Anda layak untuk direkomendasikan menuju halaman pertama atau tidak. 

Mengevaluasi page Rank 

Anda harus meninjau dahulu sejauh mana progress website Anda. Hal ini berlaku pada website terbaru dan mempunyai sedikit post. Terdapat tool SERPs yang berguna meninjau progress website hasil pencarian. Kalau Anda ingin menargetkan kata kunci yang spesifik pada konten page, maka pakai tool ini. Anda input kata kunci kemudian domain website Anda. Pilih area, lalu Klik Go! Hasilnya akan muncul pada layar. 

Prioritaskan organic Traffic 

Istilah organic traffic merujuk kepada pengunjung web visitor yang ada di situs Anda sebagai hasil penelusuran tanpa bayaran atau organik. Lalu lintas organik merupakan kebalikan dari lalu lintas berbayar. Pengunjung organik adalah mereka yang menemukan situs sesudah memakai mesin pencari seperti Google. Pengunjung tidak datang atas rujukan situs lain. Kemudian cara mempertahankan ranking di Google adalah dengan menerbitkan konten yang berkualitas di blog secara teratur dan berkelanjutan. 

Buat website semakin mobile friendly 

Data google menyebutkan lebih 50% jumlah pencarian Google asalnya dari mobile device. Google menyatakan dengan jelas, jika website yang tidak mobile friendly tidak dapat menembus peringkat atas SERP. Tool ini bisa Anda akses secara online juga gratis.  Kemudian Anda tinggal masuk ke alamat website pada kolom pencarian dan hasilnya akan langsung muncul. Dengan cara ini, Anda bisa mengetahui apakah website perlu mendapatkan perbaikan atau tidak. Gunakan Responsive Web Design atau RDW yang bisa membantu memastikan tampilan website berjalan sempurna dan maksimal di seluruh device. 

Cara Mempertahankan Rangking di Google

Menjalankan Keyword Research 

Cara mempertahankan ranking satu Google selanjutnya yakni lakukan riset secara menyeluruh pada kata kunci. Sebelum Anda benar-benar membuat konten, ketahui dulu kata kunci apa saja yang dipakai sehari-hari oleh market Anda. Supaya semakin efektif, gunakan tool yang gratis, seperti Google Keyword Planner. Lewat Google Keyword Planner, Anda bisa mengenal audiens atau segmentasi market serta bagaimana mengelola kata kunci terkait niche pasar Anda. 

Menggunakan keyword User-Friendly 

Algoritma Google terbaru menunjukkan Anda tidak harus memberi sebanyak mungkin kata kunci pada konten. Penempatan kata kunci pada artikel alias konten sebaiknya natural. Maka, Anda bisa memakai tools ubersuggest. Tujuannya untuk meriset kata kunci. Anda bisa juga memakai Google Keyword Planner untuk cek kata kunci suatu topik. 

Optimasi judul dan meta description 

Buatlah judul dan meta deskripsi yang menarik sekaligus sesuai dengan konten Anda. Bukan hanya itu saja, Anda sebaiknya membuat yang singkat namun persuasif karena kata biasanya dibatasi. Tidak ada salahnya pakai Google Webmaster Tools untuk mengecek kata kunci yang dapat menggiring audiens mengakses konten pada website Anda. 

Bangun Link dengan baik 

Cara mempertahankan ranking di Google dengan membangun link. Terdapat dua link yang bisa Anda bangun pada website, yakni internal link juga eksternal link. Agar website Anda tetap berada di peringkat pertama cobalah memasukkan kedua link dengan penempatan senatural mungkin. Internal link menuju halaman dari dalam website Anda sendiri. 

Sedangkan eksternal link merupakan link menuju halaman website yang lain dan bukan website Anda. Jumlah internal link dan eksternal link setidaknya ada 3 tautan ke teks yang ada dalam konten. Semakin banyak tentu semakin bagus. Hal ini bisa membantu Google mengerti konten Anda komprehensif, sebab berkaitan tentang internal link, hal ini dapat mengidentifikasi kuatnya domain authority. 

Selain itu, Anda bisa menjadikan target kata kunci menjadi anchor text. Namun, lakukan dengan aman supaya terhindar dari penalti Google, coba pakai kombinasi genetic kata kunci. 

Mempercepat loading time website 

Cara Mempertahankan Rangking di Google

Audiens akan malas mengakses website yang loadingnya lama. Maka mereka lebih pilih mencari alternatif dengan membuka website lain. Dengan demikian, kecepatan loading website ini juga menjadi salah satu faktor dari SEO. Anda sebaiknya memastikan website yang mempunyai loading cepat. 

Anda bisa memanfaatkan Google Pagespeed Insight yakni tools yang berguna mengetahui loading tim dan suatu website. Cara lain untuk menghindari loading lama adalah ganti hosting provider, mengecilkan resolusi foto yang besar, Hapus plugin yang tidak terpakai, memakai content delivery network atau CDN, juga embed video. 

Menjalankan analisis kompetitor 

Ingat! bukan hanya Anda saja yang berusaha agar website berada di peringkat pertama. Namun, sangat banyak pemilik website berlomba-lomba ingin berada di posisi pertama. Maka, sebaik mungkin Anda harus melakukan analisis kompetitor. Utamanya mereka yang punya niche juga industri yang serupa. Terdapat beberapa tools yang dapat Anda manfaatkan mulai OpenSiteExplorer, SEMRush, SpyFu, Ahrefs, dan sebagainya. 
Ternyata Cara mempertahankan ranking di Google tidaklah mudah. Terpenting jika Anda terus berusaha dengan menjalankan cara di atas harapannya website tetap bisa berada dan merajai peringkat pertama. Semoga bermanfaat. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.